Posted November 25, 2015 by admin in Berita

Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2015

Final PRI 2015_upload_
Final PRI 2015_upload_

Bandung, 25 November 2015, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menyelenggarakan kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2015. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara FTI – ITB dengan PT Toyota Astra Motor dan Coaching Indonesia.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan perkuliahan yang disampaikan oleh Ardiyan Harimawan, Ph.D., dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FTI yang diwakili oleh Brian Yuliarto, Ph.D. dan sambutan dari Division Head Project PT Toyota Astra Motor, Frans Ihutan Budianto.

Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2015, merupakan tahap akhir kegiatan perkuliahan Matakuliah Projek Rekayasa Multi Disiplin di FTI ITB.

Matakuliah Projek Rekayasa Multi Disiplin mempunyai tujuan utama adalah membelajarkan mahasiswa dari berbagai multi disiplin (berlainan program studi) bekerjasama dalam tim menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Peserta matakuliah terdiri dari mahasiswa prodi Teknik Kimia (TK), Teknik Fisika (TF), Teknik Industri (TI) dan Manajemen Rekayasa Industri (MRI). Projek kelas akan bervariasi setiap tahun ajaran; 2(dua) contoh proyek kelas adalah Projek Pengadaan Air Layak Guna di Perumahan dan (ii) Projek Pengadaan Energi untuk Pedesaan.  Bekerjasama dalam suatu tim multidisiplin membutuhkan kemampuan:(i) melihat/berpikir dari sudut pandang berbeda, (ii) berkomunikasi secara  efektif, (iii) menciptakan iklim tim yang sehat dan (iv) berproses dalam tim agar tim efektif.

Kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2015 dilaksanakan di Aula Timur ITB, dengan jumlah peserta mencapai 387 mahasiswa yang mengambil matakuliah Proyek Interdisiplin untuk Teknik Kimia (TK4091), Proyek Multi Disiplin Tenik Fisika (TF4101), Proyek Rekayasa Inter-Disiplin (TI4001), Proyek Rekayasa Inter-Disiplin Manajemen Rekayasa (MR4001).

Pada kegiatan ini mahasiswa yang tergabung dalam kelompok akan melakukan presentasi dan pameran poster serta akan dilakukan penilaian oleh tim juri. Tim juri terdiri dari Dosen FTI, dalam hal ini diwakili oleh Dr. Lucia Diawati dari Staf Dosen Program Studi Teknik Industri FTI ITB. Sementara juri dari luar ITB adalah Frans Ihutan Budianto (Division Head Project PT Toyota Astra Motor), Dorkas Henry Tambun (alumni Teknik Industri FTI ITB,), Admal Syayid (alumni Teknik Industri FTI ITB), Franiga Kusbandi Sampang (alumni Teknik Mesin ITS), Drs. Suratman (alumni Teknik Elektrik FPTK IKIP Yogyakarta) yang mewakili PT Toyota Astra Motor. Sementara juri dari Coaching Indonesia diwakili oleh Naindra Pramudita, ACC.

Hasil penilian dari masing-masing juri akan diakumulasikan dan diumumkan pada akhir acara kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2015. Masing-masing akan ditentukan total nilai untuk penentuan juara.

Ada beberapa katagori juara dalam kegiatan ini, antara lain Best Teamwork, Juara Lomba Kelas, Juara Poster, dan Juara Presentasi.

Setelah selesai penentuan juara dan pembagian hadiah, kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2015  ditutup oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof. Dr. Deddy Kurniady, M.Eng.

Share this