Posted March 16, 2016 by admin in Berita

Kuliah Tamu Dr. René Van Berkel

Kuliah Tamu Dr Rene Van Berkel_
Kuliah Tamu Dr Rene Van Berkel_

Pentingnya keberlanjutan pembangunan ekonomi seiring dengan kemajuan sosial dan perlindungan lingkungan telah diterima secara luas, tetapi banyak perdebatan tentang implikasi praktis untuk produk, bahan dan teknologi untuk masa depan. Tantangannya adalah untuk mengubah keberlanjutan ke dalam kerangka nilai tambah untuk inovasi dalam proses, teknologi, model bisnis dan sistem manajemen. Oleh karena itu, dengan adanya kuliah tamu ini kita dapat mengeksplorasi bagaimana keberlanjutan dapat mendorong inovasi dalam bahan dan teknologi bahan, dengan meninjau ide dan pengalaman yang diperoleh dalam tampilan sektor industri yang bersangkutan, dalam hal untuk eko-efisiensi, kimia hijau, rekayasa hijau dan ekologi industri.

Bekerjasama dengan UNIDO (The United Nations Industrial Development Organization) dan CRECPI-ITB(Center for Resource Efficient & Cleaner Production Indonesia ITB), Kelompok Keahlian Perancangan dan Pengembangan Produk Teknik Kimia, Program Studi Teknik Kimia melalui perwakilannya, Prof. Tjandra Setiadi, Ph.D., mengadakan kuliah tamu bertemakan “INNOVATION AND TECHNOLOGY FOR A SUSTAINABLE MATERIALS FUTURE” bertempat di Ruang X-316, Gedung Teknik Kimia ITB, Lantai 3 Labtek X, di sampaikan oleh Dr. René Van Berkel, Chief Technical Advisor for Centre for Resource Efficient and Cleaner Production Indonesia (CRECPI).

Dr. René Van Berkel adalah Kepala Penasihat Teknis untuk Pusat Sumber Daya Efisien dan Produksi Bersih Indonesia (CRESPI). Sebelum posisi saat ini, dia adalah seorang Efisiensi Kepala Unit, Sumber Daya Industri dengan Organisasi Pembangunan Industri PBB (UNIDO) yang berbasis di Wina, Austria. Dia bertanggung jawab untuk kontribusi UNIDO untuk program Efisien dan Produksi Bersih Sumber global, operasional di sekitar 50 negara berkembang.

Sebelum bergabung dengan UNIDO pada tahun 2008, René Van Berkel memegang berbagai posisi akademik di Jepang, Australia, dan Belanda. Dia memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman sebagai konsultan, pelatih dan peneliti pada produksi bersih, eco-efisiensi, simbiosis industri dan keberlanjutan perusahaan. Dia adalah seorang ilmuwan lingkungan dengan gelar PhD dalam ilmu lingkungan dari Universitas Amsterdam, Belanda.

Share this