Posted March 3, 2009 by admin in Berita

KK Teknik Fisika Terima Kunjungan Dr. Martin Belusko

Bandung, fti.itb.ac.id, KK Teknik Fisika telah menerima tamu, Dr. Martin Belusko, dari The Institute for Sustainable Systems and Technologies, University of South Australia pada Kamis, 12 Februari 2009 di Ruang Seminar Teknik Fisika. Dr. Martin Belusko dalam presentasinya yang dihadiri dosen dan mahasiswa ini menjelaskan Sustainable Energy Research in Building terdiri dari 5 hal, yaitu:

  1. sustainable housing,
  2. solar cooling,
  3. thermal energy storage using phase change materials (PCM),
  4. thermal efficiency of building, dan
  5. air conditioning for residential and commercial buildings.

Setelah presentasi berakhir acara dilanjutkan dengan diskusi dengan dosen-dosen KK Teknik Fisika dan mahasiswa S1 dan S2 yang tertarik dalam bidang energi, diskusi juga membahas tentang peluang kerjasama yang dapat dilakukan antara ITB dengan University of South Australia, mulai dari peluang beasiswa lulusan ITB untuk melanjutkan studi ke Australia, pertukaran mahasiswa, pertukaran staf dosen dan juga kemungkinan kerjasama dalam bidang penelitian dan juga penyelenggaraan workshop/seminar bersama dalam bidang sustainable systems & technologies yang sangat perlu ditumbuhkembangkan di Indonesia.

Usai diskusi Dr. Martin Belusko didampingi Dr. Edi Leksono (Ketua KK Teknik Fisika) berkesempatan untuk berkeliling melihat fasilitas serta kegiatan penelitian yang ada di Teknik Fisika. Pada kesempatan tersebut Dr. Martin Belukso juga menyampaikan bahwa beberapa kegiatan penelitian yang dilakukan di KK Teknik Fisika ITB ada beberapa kemiripan dengan penelitian yang dilakukan di tempat Dr. Martin Belusko bekerja.

Sumber : EL 03032009

Share this