Posted January 27, 2017 by admin in Berita

One Day Seminar LNG for Indonesia

One day Workshop LNG for INA
One day Workshop LNG for INA

Bandung, 26 Januari 2017, bertempat di Aula Barat ITB diselenggarakan kegiatan One Day Seminar LNG for Indonesia. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol (KK IK), FTI – ITB dengan Badak LNG.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai beberapa hal, yaitu:

  1. a)Pengenalan LNG (Liquid Natural Gas) dan PT BADAK NGL,
  2. b)LNG Business Chain (hulu sampai dengan hilir),
  3. c)LNG Processing, dan
  4. d)Tantangan bisnis LNG di Indonesia dan Dunia.

Acara dibuka oleh Rektor ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dalam sambutannya beliau bergembira karena hari ini ternyata ada suatu even sangat penting untuk kita semua. Suatu sharing yang sangat langka, langsung presiden direkturnya hadr di sini dengan sejumlah pimpinan untuk memberikan sharing tentang knowledges, tentang pengalaman apa yang terjadi di dunia industri.

Beliau juga menginformasikan bahwa ITB sejak dua tahun yang lalu, persisnya 20 Januari 2015 kita sudah tekadkan ITB akan mulai bergerak dari research university menuju interprerial university, dengan tiga indikator utama yaitu excelent in teaching and learning, excelent in research, dan excelent in inovation and interpreuneurship. Dalam indikator yang pertama excelent in teaching and learning salah satu yang kami jalankan adalah akreditasi internasional, dan alhamdulillah sampai hari ini kita sudah ada 23 program studi yang terakreditasi internasional, termasuk dari FTI semuanya (program studi sarjana Teknik Kimia, Teknik Fisika dan Teknik Industri) sudah terakreditasi internasional. Dan juga dalam rangka excelent in teaching and learning kami juga menggiatkan kolaborasi para dosen-dosen tamu, para pembicara dari industri untuk memberikan materi pengalamannya kepada kami termasuk mahasiswa yang tujuannya adalah supaya para mahasiswa dan kita semua memiliki gambaran yang lebih komplit tentang apa yang terjadi di dunia nyata terkait dengan teori-teori yang ada di kampus ini. Kedua excelent in research adalah kami selalu mem-push, memotivasi kawan-kawan untuk selalu meningkatkan penelitian dan publikasinya. Alhamdulillah tahun ini ITB telah menembus diangka 1150 jumlah publikasinya yang sebelumnya berkisar 800. Dikatakan kita harus mempertahankan jangan sampai turun, dan usahakan terus naik. Maka salah satu juga penelitian daripada excelent in research ini kami memotivasi kawan-kawan untuk selalu bekerjasama dengan industri juga. Dengan kehadiran Pak Salis dan kawan-kawan juga akan memberikan inspirasi pada kami semua, siapa tahu ada riset yang bisa kita jalankan bersama dengan PT Badak, karena tanpa interaksi dengan industri maka riset yang dilakukan tidak akan menjadi lengkap. Ketiga excelent in inovation and interpreuneurship. Bahwa dari semua riset yang ada tidak cukup kalau hanya berakhir dikertas di jurnal, tetapi diharapkan sebagian kecil, atau sebagian diantaranya bisa dilanjutkan menjadi karya nyata dalam implementasi industri, baik itu paten menjadi royalti, menjadi karya industri. Tiga hari yang lalu Menristek Dikti sudah melaunching produksi perdana untuk produk masal, handphone buatan Indonesia karya para dosen dan mahasiswa ITB. Banyak sekali karya-karya kawan kita semua yang memiliki berpotensi untuk menjadi inovasi industri.

Hari ini kita akan khususnya tentang gas alam, gas alam merupakan salah satu energi yang kita harapkan, karena ini energi yang bersih, yang green energi dan jumlahnya jauh lebih banyak dapipada  minyak. Jadi ini suatu energi masa depan yang bisa kita jalankan. Walaupun saat ini untuk pemenuhan kebutuhan gas alam untuk dalam negeri masih kurang, dibanding dengan permintaannya. Ini suatu tantangan bersama terutama bagi mahasiswa, karena kalian mempunyai masa depan yang jauh lebih panjang.

Pada akhir sambutannya, Rektor berpesan kepada para mahasiswa untuk dapat mempersiapkan sebaik-baiknya masa depan kalian. Untuk itu diharapkan juga para mahasiswa dapat menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh Pak Salis dan kawan-kawan dari PT Badak LNG, karena dari pada kita belajar seperti panelis sekian puluh tahun di PT Badak, lebih baik kita mendengarkan dalam beberapa jam apa yang belaiu capai dalam sekian tahun, ini bagian dari pada apa yang disebut knowldge sharing.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Introduction to LNG yang disampaikan oleh Dr.Ir. Salis S. Aprilian, M.Sc., (President Director & CEO PT Badak LNG) dan materi PT Badak LNG as A World Class Company yang disampaikan oleh Ir. Yhenda Permana, M.M., P.E., (Director & COO PT Badak NGL) dengan moderator Prof. Dr.Ir. N. Harijono A. Tjokronegoro, DEA.

Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Novendri H. Prasetyo, S.T., M.T., (Manager Revenue Development, PT Badak LNG), dengan judul materi LNG Processing, dan dimoderatori oleh Dr.Ir. Sutanto Hadisupadmo, MT.

Setelah Ishoma, presentasi dilanjutkan dengan presenter dari Dosen Teknik Fisika ITB yaitu Dr.Ing.Ir. Parsaulian Ishaya Siregar dan Prof. Dr.-Ing.Ir. Yul Yunazwin, M.Sc. DIC. (Dosen Teknik Fisika serta Ketua KK IK) dengan judul materi Kontribusi KK IK dalam Industri LNG. Dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh  Ir. Teten H. Rustendi, M.T., (Vice President CSP & BD., PT Badak NGL) dengan judul materi LNG Bussiness Challange.

Sebelum acara ditutup oleh Dekan FTI – ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. panitia terlebih dahulu menyerahkan hadiah untuk para pemenang door prize dan pemenang lomba foto IG.

 

 

 

Share this