FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Tim DELTA ITB Menjadi Juara di ISEEC UI 2017

Gambar 1 Lima tim dari Teknik  Industri ITB yang berlomba di ISSEC UI 2017

ISEEC (Industrial and System Engineering Competition) merupakan lomba keilmuan Teknik Industri yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Indonesia. ISEEC 2017 merupakan bentuk baru dari Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI) yang sebelumnya telah diadakan setiap tahun di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Dengan perubahan dari LKTI menjadi ISEEC, perlombaan ini memperluas jangkauannya dari nasional hingga menjadi ke Asia Tenggara.

Tema yang diusung pada ISEEC 2017 ini adalah mengenai Logistic Maritime, dengan fokus utama “Establishing An Integrative Maritime Logistic to Strengthen Indonesia’s Identity As A Maritime Country”. Terdapat empat tahap perlombaan yang dilaksanakan pada ISEEC 2017. Tahap tersebut antara lain, Preliminary Stage, First Stage, Second Stage, dan Final Stage. Total terdapat hampir 100 tim yang mengikuti Preliminary Stage yang diadakan secara online dan terpilihlah 20 tim yang lolos dari Preliminary Stage untuk mengikuti perlombaan ISEEC 2017 yang diadakan dari 13 hingga 17 Maret 2017. Dari 20 tim terpilih tersebut 5 tim di antaranya merupakan perwakilan dari program studi Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung.

First Stage merupakan tahap dimana peserta diuji secara analitik mengenai kompetensi dalam bidang ilmu Teknik  Industri. Tahapan ini dibagi menjadi Quiz Session dan Bidding Session. Sedangkan pada Second Stage, para peserta dihadapkan pada persoalan penentuan investasi pada pelabuhan. Tahapan ini dilaksanakan dengan melakukan simulasi komputer dengan tema Sustainable Port Simulation. Total 5 dari 20 tim pada ISEEC 2017 dengan nilai tertinggi dinyatakan lolos dari First and Second Stage, dimana dua di antaranya merupakan perwakilan ITB di tahap final.

Pada tahap final, Problem Solving with System Engineering Approach (PROSEA), lima tim tersebut dihadapkan pada permasalahan real case study yang dialami oleh Samudera Indonesia. Permasalahan utama yang diangkat pada tahapan ini adalah mengenai Berthing Schedule, dimana peserta diharapkan untuk memberikan solusi untuk meningkatkan performasi dari manajemen sebuah pelabuhan. Pelabuhan yang digunakan sebagai objek penelitian adalah Dermaga Serbaguna Nusantara yang dikelola oleh Samudera Indonesia.

Peserta diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pada terminal pelabuhan tersebut dengan menggunakan pendekatan keilmuan Teknik Industri. Pada akhirnya kelima peserta tersebut melakukan presentasi di depan para ahli dari solusi yang diusulkan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan pelabuhan di Dermaga Serbaguna Nusantara tersebut.

Hasil dari tahapan Final Stage antara lain, Tim DELTA dari ITB menduduki peringkat pertama. Kemudian disusul secara berurutan oleh Tim Do or Die dari ITB dan Tim Pasta dari UI yang menduduki peringkat kedua dan ketiga. Adapun anggota dari Tim Delta ITB antara lain Thendy Setiawan (13413005), Joshua Krisekaputra (13413035), Tisa Yotanti (13413051), dan Abdurrahman Maulana (14413023). Sedangkan anggota dari Tim Do or Die antara lain Ryan Aditya Moniaga (13414040), Muza Kazhim (13414060), Helmi Abdul Ghani (13414111), dan Farhan Rizaldi Gustira (14414046).

Gambar 2

Gambar 2 Perwakilan ITB di grand final ISEEC 2017

 

Gambar 3

Gambar 3 Tim DELTA ITB

Gambar 4

Gambar 4 Tim Do or Die ITB

Share this

Berita Terkait