Posted April 25, 2017 by admin in Berita

Tour Lab Mahasiswa TPB FTI 2016

FTI Lab Tour 2017_
FTI Lab Tour 2017_

FTI Lab Tour 2017_Bandung, 8 April 2017, bertempat di Ruang Liga Film Mahasiswa (LFM) ITB, Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. secara resmi membuka acara Tour Lab Mahasiswa TPB FTI 2016.

Dalam sambutannya Dekan FTI ITB berpesan, agar setiap mahasiswa tetap semangat dalam belajarnya, meskipun hasil akhir dari pilihan prodi tidak sesuai dengan pilihannya. Karena keberhasilan seseorang dalam menentukan karirnya ditentukan oleh usaha kerasnya dalam belajar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Wakil Dekan Bidang Akademik FTI – ITB, Tjokorde Walmiki Samadhi, Ph.D.

Judul materi dalam presentasi adalah Penjurusan Mahasiswa TPB Angkatan 2016 FTI – ITB. Dalam presentasi tersebut diurakan secara jelas proses penjurusan tersebut. Proses penjurusan dilakukan pada akhir semester 2, dengan beberapa faktor pertimbangan adalah: prioritas pilihan (pilihan 1, pilihan 2 dan seterusnya), prestasi akademik selama di TPB (IP TPB), faktor ekonomi dan kapasitas masing-masing prodi.

Pak Walmiki juga berpesan ada beberapa hal penting yang perlu diketahui selama pelaksanaan kegiatan Lab Tour:

  1. Laboratorium pada dasarnya adalah tempat kerja yang berbahaya.
  2. Ikuti & patuhi instruksi pemandu rombongan.
  3. Perhatikan jalur evakuasi & rambu-rambu keselamatan di tiap gedung & ruangan lab.
  4. Bertanyalah. Apa yang kalian saksikan hari ini akan menjadi pekerjaan kalian dalam waktu tidak lama lagi.
  5. Mahasiswa jalur peminatan diarahkan langsung ke Prodi terkait.

Pada kesempatan yang sama di Program Studi Teknik Kimia juga dilaksanakan kegiatan serupa, tapi khusus untuk Program Studi Sarjana Teknik Kimia kelaas Internasional, Program Studi Sarjana Teknik Pangan dan Program Studi Sarjana Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Sementara itu di Program Studi Teknik Industri dan Teknik Fisika juga berlangsung kegiatan yang sama tapi kegiatan ini khusus untuk jalur peminatan. Yaitu jalur peminatan untuk Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa Industri dan Program Studi Sarjana Teknik Fisika.

Setelah sesi presentasi dari Wakil Dekan Bidang Akademik, acara selanjutnya kegiatan Tour Lab di masing-masing program studi yang dipandu oleh mahasiswa angkatan sebelumnya dari masing-masing prodi.

Maksud dari kegiatan Tour Lab Mahasiswa TPB FTI 2016 adalah untuk mengenal lebih dekat berbagai kegiatan dan proses kerja yang dilakukan di laboratorium dalam mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Share this