Posted April 27, 2009 by admin in Berita

Ganesha Line Follower Robot Competition 2009

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara umum Ganesha Line Follower Robot Competition (Galelobot) 2009. Prestasi ini diraih setelah UGM berhasil menempatkan tiga wakilnya masing-masing dua tim pada babak final serta satu tim pada pertandingan 3rd Place round.

Pada hari kedua pelaksanaan Galelobot 2009 yaitu pada 24 April 2009, sistem pertandingan memakai sistem knock-out round. 32 tim terbaik yang telah diseleksi pada hari pertama kejuaraan dipertandingkan kembali dengan menggunakan track (lintasan) yang berbeda dengan hari pertama kejuaraan.

Pertandingan untuk memperebutkan juara dimulai pada pukul 16.00 WIB. Pertandingan dimulai dengan perebutan tempat ke tiga antara tim Ice Tea (Teknik Fisika UGM) berhadapan dengan tim Robot ZoFF (UNY). Setelah dilangsungkan dua kali pertandingan, tim Ice Tea dari UGM berhasil memenangkan pertandingan yang berlangsung cukup seru dan menghibur tersebut.

Pada babak final Galelobot 2009 kali ini mempertemukan dua tim asal UGM yaitu tim Gro_Back dan tim Om Hungry. Kedua tim berasal dari jurusan yang sama yaitu Teknik Elektro UGM. Pertandingan babak final berlangsung seru dan menegangkan. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan waktu kedua tim yang berselisih tipis. Dewan juri pun pada akhirnya memutuskan tim Gro_Back berhasil menjadi juara pertama pada Galelobot 2009.

Tim dari Teknik Fisika ITB sendiri sebenarnya berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan pada perhelatan Galelobot 2009 kali ini. Pada hari pertama kejuaraan, Tim TF 5 berhasil menempatkan diri di posisi tiga besar dari sekitar 150 tim yang bertanding. Namun pada pertandingan hari kedua, robot dari tim TF 5 mengalami kerusakan teknis pada sistem nya sehingga robot tidak dapat berfungsi sebagaimana pada hari pertama kejuaraan. Semoga pada perhelatan Galelobot dan kompetisi lainnya yang akan datang TF ITB dapat meningkatkan prestasi dan selalu memberikan karya terbaiknya.[gns]

Hasil Lengkap Galelobot 2009 :

  1. Juara I Gro_Back (Universitas Gadjah Mada)
  2. Juara II Om Hungry (Universitas Gadjah Mada)
  3. Juara III Ice Tea (Universitas Gadjah Mada)
  4. Juara IV Robot ZoFF (Universitas Negeri Yogyakarta)
  5. Best Design Lilop (Teknik Elektro ITB)

Sumber : www.tf.itb.ac.id

Share this