Posted June 2, 2009 by admin in Berita

Informasi Seputar SNMPTN 2009

SNMPTN Berlakukan Tes Potensi Akademik

BANDUNG, (PRLM).- Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini sedikit berbeda dari pelaksanaan SNMPTN tahun sebelumnya. Pada tahun ini ada penambahan tes potensi akademik (TPA) untuk mengukur kemampuan komunikasi, nalar, dan hitung calon mahasiswa.

Ketua Panitia Lokal SNMPTN Bandung Adang Surahman menuturkan, tahun ini SNMPTN memiliki alat ukur dan sistem penilaian yang lebih baik dari SNMPTN sebelumnya. Hal tersebut diharapkan memperbaiki kualitas mahasiswa yang terjaring dan mengurangi angka drop-out (DO).

“Selama ini hanya ada tes kognitif untuk mengukur tingkat pengetahuan, sementara ketiga kemampuan komunikasi, nalar, dan hitung, belum terukur. TPA pun tidak akan terkontaminasi oleh bimbingan belajar karena itu murni kemampuan mereka, tidak bisa dipelajari rumus cepatnya,” ujarnya.

Menurut dia, dimasukkannya TPA, menjadikan kredibilitas alat ukur SNMPTN mendekati ujian saringan masuk mandiri (jalur khusus). Diprediksikan, TPA dapat menekan angka DO. “Berdasarkan pengalaman ITB selama lima tahun, angka DO-nya setiap tahun 2% dari mereka yang ikut SNMPTN. Jadi selama lima tahun rata-rata 10%. Sementara itu, angka DO mahasiswa jalur khusus, pada tahun pertama sekitar 3% karena ujian lebih kepada psikotes, bukan akademik. Akan tetapi, tahun selanjutnya tidak ada masalah,” tuturnya. (A-167/A-147)***

Sumber : Pikiran Rakyat, Selasa, 02 Juni 2009

Link terkait mengenai SNMPTN 2009 klik disini

Share this