Posted June 4, 2009 by admin in Berita

FTI Motivation Day 2009

BANDUNG, fti.itb.ac.id – Sudah merupakan agenda rutin setiap tahun Fakultas Teknologi Industri ITB dalam memberikan pembekalan motivasi kepada mahasiswa angkatan baru baik dalam bentuk “FTI Fun Day” ataupun “FTI Motivation Day”. Setelah sukses mengadakan acara “FTI Fun Day 2008” pada November 2008 lalu, kembali FTI-ITB menggelar training/pelatihan kepada mahasiswa TPB 2008 dalam “FTI Motivation Day 2009”.

“FTI Motivation Day 2009” dilaksanakan pada 2 – 3 Juni 2009, Kegiatan ini diawali dengan pengenalan Program Studi, Laboratorium dan Fasilitas lainnya oleh Himpunan Mahasiswa kepada mahasiswa TPB 2008, pada kesempatan ini para Mahasiswa TPB 2008 diajak berkeliling dan melihat langsung ke masing-masing program studi yang ada di FTI – ITB.

Rabu, 3 Juni 2009 acara dilanjutkan dengan training/pelatihan motivasi. Acara yang didukung sepenuhnya oleh FTI ini dibuka oleh Dr. Dwiwahju Sasongko dan menghadirkan motivator handal Ir. Hermanto Kosasih, MBA. Beliau adalah alumni Fisika Teknik FTI-ITB angkatan 83 yang sekarang menjabat sebagai Direktur Prime Conculting. Prime Consulting sendiri bergerak dalam jasa training dan perekrutan.

Pada training ini Hermanto Kosasih mengusung topik bahasan “Mengoptimalkan Potensi Diri”, dimulai sekitar pukul setengah 09.30 WIB training dibuka dengan games apel, peserta diinstruksikan untuk menaruh jari telunjuk kanan ke telapak tangan kiri peserta disebelahnya. Ketika disebutkan kata apel, setiap orang harus menangkap telunjuk yang ada di telapak tangan kirinya dan mengangkat telunjuk kananya agar jangan sampai tertangkap. Ternyata, ketika permainan dimulai, kata apel baru disebutkan terakhir sehingga banyak peserta yang sudah menarik atau mangkap telunjuk sebelum kata apel. Games ini menunjukan bahwa kadang, pengetahuan akan apa yang harus dilakukan tidak menjamin? pelaksanaan yang benar. Oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan emosi untuk menyeimbangkan pikiran, perbuatan dan perasaan.

Keseluruhan materi training disampaikan dengan cara yang interaktif diselingi dengan permainan dan diskusi. Ruangan yang kondusif dan peserta yang cukup banyak membuat suasana training lebih hangat. Pelatihan ini juga bertujuan untuk membentuk pribadi peserta yang bisa mengendalikan emosi serta mengoptimalkan potensi diri untuk mencapai yang terbaik dalam hidupnya. Acara selesai sekitar pukul 12.00 WIB siang, dilanjutkan dengan ISHOMA dan coffe break.

Pukul 13.00 WIB rangkaian acara “FTI Motivation Day 2009” dilanjutkan dengan penyampaian prologue kemahasiswaan oleh para Ketua Himpunan masing-masing program studi FTI – ITB, dan setelah diskusi himpunan acara pun di tutup pukul 16.30 WIB.

Share this