FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Serah Terima Penempatan alat Multipurpose Microreactor di Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis dari PT Pertamina

Bandung, 22 September 2017, bertempat di Ruang Galery Prodi Teknik Kimia, Gd. Labtek X Lantai 2 telah dilakukan prosesi serah terima penempatan alat Multipurpose Microreactor di Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis.

Hadir pada acara tersebut adalah Rektor ITB,  Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., Dekan FTI,
Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng., dosen-dosen dari Prodi Teknik Kimia, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia, Ir. Ardhy N. Mokobombang, Vice President Downstream Reaserch and Technologi, Ir. Mas Putra, serta para tamu undangan lainnya.

Pertamina_TK--2_resize

Acara di awali dengan penyampaian sambutan dari Prof. Dr.Ir. Subagjo.
Pemberian bantuan penempatan 1 (satu) unit reaktor Multipurpose dari Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepercayaan Pertamina yang telah bekerjasama dengan kami (Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis, Prodi Teknik Kimia FTI – ITB) pada akhir tahun 1999, dimulai dengan kami membantu pertamina melakukan evaluasi dan seleksi katalis.

Dengan semakin meningkatnya kepercayaan Pertamina pada tahun tahun 2005, Pertamina mengajak untuk mengembangkan katalis bersama kami.

Selain bantuan Pertamina, berupa penelitian bersama dan sekarang adanya penempatan alat Multipurpose Microreactor di Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis. Kami juga bekerjasama dengan beberapa lembaga, industri, dan akhir-akhir ini adalah kerjasama dengan Badan Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit dan akan meningkat dan menempatkan banyak peralatan lagi pada kami. Selain itu, dari Kemenristekdikti juga mempercayakan kepada kami untuk membuat pabrik katalis. Jadi pada akhir tahun ini, kami akan mendapatkan banyak peralatan dan sayangnya ruangnya terpisah-pisah. Ada yang dilantai satu, ada yang di lantai empat.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Rektor ITB Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dilanjutkan dengan sambutan Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia, Ir. Ardhy N. Mokobombang.

Seltelah selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Kerjasama Pengembangan Katalis antara PT Pertamina dengan ITB dengan disaksikan oleh tamu dan undangan. Acara berakhir dengan kegiatan kunjungan ke Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis.

Share this

Berita Terkait