Posted June 12, 2009 by admin in Berita

SNTKI 2009 dan Munas Aptekindo 2009

SNTKI 2009 dan Munas Aptekindo 2009
Tema Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia tahun 2009:
“Peran Teknik Kimia dalam Menjamin Ketahanan Pangan dan Energi Nasional”

Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia (SNTKI) merupakan forum ilmiah bertataran nasional di bidang teknologi proses yang telah menjadi tradisi periodik 3 tahunan. SNTKI telah diselenggarakan sebanyak dua kali pada tahun 2003 di Yogyakarta, dan tahun 2006 di Palembang. Pada tahun 2009, SNTKI akan dilaksanakan di Bandung. SNTKI 2009 bertujuan untuk mempertemukan akademisi, peneliti, ilmuan, praktisi industri, dan mahasiswa guna mempertukarkan pikiran, pengalaman, gagasan-gagasan baru, dan hasil-hasil penelitian maupun rancang bangun proses yang mengusung semua khazanah dan aspek dalam teknik kimia. SNTKI 2009 juga merupakan forum ilmiah untuk membahas persoalan-persoalan nyata yang sedang manjadi perhatian utama dalam dunia teknik kimia.

Sebagai salah satu lembaga tinggi teknik kimia terkemuka di Indonesia, Program Studi Teknik Kimia ITB telah dipercaya untuk mengemban tugas sebagai penghubung dunia ilmiah, industri, dan kelompok masyarakat lain dalam menciptakan forum komunikasi antar komunitas tersebut dan membuka peluang kerja sama yang saling menguntungkan . Untuk itu, Program Studi Teknik Kimia ITB akan menyelenggarakan Seminar nasional Teknik Kimia 2009

MUNAS APTEKINDO 2009

Pendidikan merupakan pilar pembangunan dan? modal dasar membangun peradaban bangsa. Salah satu bidang yang patut diperhatikan adalah pendidikan teknik kimia yang secara terstruktur mulai diberikan di perguruan tinggi. Dalam pertumbuhanya, pendidikan tinggi teknik kimai telah berkembang secara pesat dan ilmunya telah diimplementasikan secara luas di dunia industri kimia. Sejalan dengan hal tersebut, ilmu teknik kimia terus digali dan dimekarkan melalui berbagai penelitian sedemikian rupa sehingga dapat dfungiskan secara nyata dan komersial di pabrik kimia. Bersamaan dengan SNTKI 200, Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (Aptekindo) akan menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Nasioanal (Munas) untuk mwmbahas persoalan-persoalan mendasar dan terkini dalam bidang pendidikan tinggi teknik kimia dan persidangan regenerasi kepengurusan.

SNTKI 2009 akan menampung makalah-makalah yang diusulkan yang mebahas bidang-bidang dalam teknologi proses secara luas, mulai dari hasil penelitian yang bersifat fundamental hingga penelitian berteknologi maju, tulisan-tulisan yang disusun secara ilmiah berdasarkan pengalaman di industri proses, pengalaman mengajar di perguruan tinggi, dan lain-lain. Makalah dapat ditulis menurut bidang-bidang sebagaimana tertuang dalam butir-butir berikut, atau yang bertautan :

  1. Teknologi Keenergian. termodinamika, dan Sistem utilitas? (ETU);
  2. Perancangan, Pemodelan, dan Optimasi Proses (PPO);
  3. Peristiwa Perpindahan dan Unit Operasi Teknik Kimia (OTK);
  4. Teknik Reaksi Kimia, Kinetika Kimia. dan Katalisis (TRK);
  5. Pengembangan Material dan membran (PMM);
  6. Teknologi Pengolahan Limbah (TPL);
  7. Keselamatan Kerja Pabrik Kimia (KKP);
  8. Teknologi Pemrosesan Makanan (TPM);
  9. Rekayasa Sistem Proses dan Produk (SPP);
  10. Teknologi Bioproses dan Bioteknologi (TBB);
  11. Pendidikan Teknik Kimia (PTK);

Jadwal:
Batas Akhir Pengiriman Abstrak: 14 Agustus 2009
Pemberitahuan Makalah yang Terpilih: 31 Agustus 2009
Batas Akhir Pengiriman Makalah Lengkap: 5 Oktober 2009
Pelaksanaan SNTKI 2009: 19 – 20 Oktober 2009

Bagi yang ingin mendapatkan berita terkini, silahkan bergabung dalam milist SNTKI 209 dengan mengirimkan e-mail kosong ke: milist_sntki2009@che.itb.ac.id
http://www.che.itb.ac.id/sntki2009

Share this