Posted November 8, 2017 by admin in Berita

Kunjungan SMA Islam Sinar Cendekia BSD – Tangerang Selatan

Bandung, 8 November 2017, pukul 10:00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Fakultas Teknologi Industri, Gedung Benny Subianto, FTI menerima kunjungan Kunjungan SMA Islam Sinar Cendekia BSD – Tangerang Selatan.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mendapatkan informasi tentang Program Studi di FTI – ITB serta penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan persiapan seleksi masuk PTN.

Peserta kunjungan terdiri dari siswa – siswi sebanyak 40 dan didampingi oleh 3 guru pendamping.

Kunjungan diterima oleh Bapak Ardiyan Harimawan, Ph.D.  Beliau adalah salah satu staf dosen dari Program Studi Teknik Kimia FTI – ITB.

Pada kunjungan tersebut para siswa-siswi disajikan dengan pemutaran video profil FTI yang berisi tentang sejarah FTI dan perkembangannya hingga saat ini. Untuk memahami lebih dalam tentang FTI, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang FTI.

Adapun proses penerimaan mahasiswa baru di ITB dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain.

Untuk tahun akademik 2017/2018, calon-calon mahasiswa yang secara akademik berpotensi tinggi dan akan mendapatkan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas pada tahun 2017 (tahun ijazah 2017) dapat mengikuti seleksi untuk melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung melalui SNMPTN 2017. Ketentuan umum keikutsertaan pada SNMPTN 2017 dapat diperoleh di laman resmi panitia SNMPTN 2017 (http://snmptn.ac.id/).

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).Tujuan pelaksanaan SBMPTN adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Ujian tertulis yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya.

Pada pelaksanaan SBMPTN, setiap peserta dapat mengikuti Kelompok Ujian SAINTEK, SOSHUM atau CAMPURAN, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Persyaratan bidang studi SMTA di masing-masing fakultas/sekolah di ITB pada pelaksanaan SBMPTN 2017 dapat diperoleh di laman resmi http://sbmptn.ac.id/.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan dan atau perkuliahan serta biaya kuliah dan beasiswa yang ditawarkan di ITB. Dengan antusias mereka mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Pak Ardiyan (nama panggilan).

Acara kunjungan berakhir dengan penyerahan cindera mata dari salah seorang wakil guru pendamping siswa/i Islam Sinar Cendekia BSD – Tangerang Selatan dan foto bersama.

Perlu diinformasikan pula bahwa sebelumnya, pagi sekitar pukul 08:30 – 09:30 WIB, FTI juga menerima kunjungan SMA Islam Terpadu Alkahfi – Bogor dengan jumlah peserta 108 yang didampingi 6 guru dan terbagi kedalam 2 (dua) grup. Grup pertama berkunjung ke Program Studi Teknik Fisika dan diterima oleh Anugrah Sabdono, MT., yang akan menjelaskan tentang Program Studi Sarjana Fisika.

Sementara itu, grup kedua menuju ke Program Studi Teknik Industri, dan diterima oleh Putra Alif Ramdhani Amin, S.T., M.T., yang akan menjelaskan tentang Program Studi Sarjana Teknik Industri.

 

Share this