Posted June 29, 2009 by admin in Berita

Seminar Teknik Kimia UKM – ITB 2009

Bandung.fti.itb.ac.id, Pada 25 – 26 Juni 2009 Program Studi Teknik Kimia, FTI – ITB bekerjasama dengan Faculty of Engineering & Built Environment Universiti Kebangsaan Malaysia telah mengadakan Seminar Penyelidikan Jabatan Kejuruteraan Kimia & Proses. Seminar dibuka langsung oleh Dr.Dwiwahju Sasongko (Dekan FTI-ITB) dan diawali dengan presentasi pengenalan UKM dan ITB dari kedua belah pihak yang diselenggarakan di Ruang Seminar Teknik Kimia dengan dihadiri oleh para dosen dari UKM dan ITB. Setelah acara presentasi dari Universiti Kebangsaan Malaysia selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi mengenai fasilitas yang diberikan Universiti Kebangsaan Malaysia bagi calon mahasiswa ITB yang berminat untuk melanjutkan ke program magister dan program doktor Universiti Kebangsaan Malaysia. Pada sesi diskusi ini banyak hal yang didiskusikan termasuk periode terbaik untuk perekrutan calon mahasiswa Teknik Kimia dan perbandingan dengan fasilitas yang diberikan institusi pendidikan lain yang sebelumnya telah melakukan kerjasama dalam hal akademik dengan Fakultas Teknologi Industri – Institut Teknologi Bandung.

Acara dilanjutkan dengan presentasi Program Studi Teknik Kimia – Institut Teknologi Bandung. Pada sesi ini, Dr. Azis Trianto mempresentasikan mengenai kondisi Program Studi Teknik Kimia di bidang akademik dan program-program yang ditawarkan. Sama halnya dengan sesi presentasi dari UKM, sesi presentasi dari Program Studi Teknik Kimia mendapat antusias para hadirin terutama peserta dari UKM. Setelah sesi presentasi dari Program Studi Teknik Kimia selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Dan sesi ini diakhiri dengan perkenalan seluruh dosen yang berada di Program Studi Teknik Kimia.

Selesai acara perkenalan dengan staf pengajar yang berada di Program Studi Teknik Kimia, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan acara keakraban dari kedua staf pengajar sambil istirahat. Siang harinya, dilanjutkan dengan kunjungan laboratorium yang berada di Program Studi Teknik Kimia. Acara kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia sesuai sub jurusan yang mereka pilih. Selain itu, peserta UKM juga mengunjungi Laboratorium Mikrobiologi dan Teknologi Bioproses untuk melihat koleksi mikroorganisme yang dimiliki laboratorium tersebut. Acara kunjungan ini merupakan akhir dari keseluruhan kegiatan Faculty of Engineering & Built Environment Universiti Kebangsaan Malaysia di Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung.

Sumber : Rety Setyawaty /29062009

Share this