FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB, Profesor Yazid Bindar

Bandung, Rabu, 22 November 2017, bertempat di Aula Timur ITB, Jln. Ganesha No. 10, mulai pukul 09:30 – 11:30 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Yazid Bindar dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: “Rekayasa Komputasi Multidimensi Sistem Pemroses dan Energi Industri”.

Materi orasi ilmiah yang disampaikan Profesor Yazid Bindar sebagaimana tertuang pada buku orasi ilmiah beliau pada bagian pendahuluan menguraikan perihal Teknologi lahir dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan lahir dari olah pikir manusia dalam pembacaan kejadian dan fenomena alam yang terbentang. Ilmu tumbuh dari waktu ke waktu secara perlahan. Setiap ilmuwan pada zamanya meningkatkan terus singkapan-singkapan ilmu yang sudah ada. Terima kasih kepada ilmuwan-ilmuwan yang sudah berkontribusi dalam kesejahteraan hidup manusia di dunia sekarang ini.

Hukum kekekalan adalah hukum alam yang tunduk pada hukum Tuhan. Alam pemiliknya adalah Tuhan. Ilmuwan menelaah kekekalan yang ada di dunia dan mentransformasikan dalam bentuk bahasa hukum alam. Bahasa hukum alam dapat menggunakan bahasa matematika. Bahasa matematika dibangun oleh simbul-simbul yang mewakili besaran-besaran yang terlibat. Hukum kekekalan dituliskan dalam bentuk persamaan matematika untuk besaran-besaran yang dikandungnya.

Persamaan matematikanya hukum kekekalan memerlukan penyelesaian untuk penggambaran hukum itu secara kuantitatif atau diskriptif. Gambaran kuantitatif ini berupa kinerja fenomena yang terjadi dalm ruang dan waktu tertentu. Penyelesaian ini dilakukan secara analitis untuk kasus-kasus khusus atau atau numerik untuk semua kasus. Persamaan yang sederhana dengan pelibatan banyak asumsi dapat saja diselesaikan secara analitis. Persamaan yang komplek tanpa banyak assumsi yang dipaksakan harus diselesaikan secara numerik.

Metode numerik adalah salah satu metode yang dikembangkan oleh matematikawan. Insyinyur menggunakan dan mengembangkan metode ini untuk penelahaan fenomena fisik yang terlibat dalam permasalahan teknik untuk keperluan pengembangan teknologi.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para peneliti, insinyur, mahasiswa dan pembaca lainnya secara umum. Untuk lebih rincinya, materi dalam tulisan ini dapat dilihat pada buku yang disebut di atas sebagai edisi lengkapnya.

Materi Orasi Ilmiah Profesor Yazid Bindar edisi lengkap bisa dilihat di file 1 dan 2.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur pimpinan ITB, pimpinan dan anggota Forum Guru Besar ITB, Dekan dan staf pengajar FTI, mahasiswa, para undangan lainnya dan keluarga.

Acara ditutup dengan penyampaian ucapan selamat dan ramah tamah.

Share this

Berita Terkait

English