FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Penguatan Inovasi, Pengembangan dan Produksi Katalis “Merah Putih”

Bandung, 26 Januari 2018. Bertempat di Gedung Labtek X, Teknik Kimia FTI – ITB lantai 2, Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA. hadir dalam Pertemuan Pendahuluan Rencana Tahun Kedua Penguatan Inovasi, Pengembangan dan Produksi Katalis “Merah Putih”.

Pada pertemuan tersebut juga dihadiri Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si., Direktur Inovasi Industri Ir. Santoso Yudo Warsono, MT., Tim dari PT Pertamina (Persero) serta Dekan FTI ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng., dan beberapa dosen dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, juga hadir tim dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB.

Prof. Dr. Ir. Subagjo selaku pimpinan atau ketua pada pertemuan tersebut menyampaikan berapa hal capaian tahun pertama (2017), fokus pada tahun kedua dan kegiatan yang akan dilaksanakan atara lain:

Capaian tahun pertama :

Pabrik-katalis untuk pendidikan, pelaksanaan Teaching Indsutry , pengembangan dan komersialisasi katalis DHDT (Distillate Hydrotreater).

Sementara itu, fokus pada tahun kedua adalah :

1.     Peluncuran produk/komersialisasi inovasi tahun pertama (Katalis DHDT) dan peresmian teaching industry.

2.     Pelaksanaan pabrik-katalis untuk pendidikan untuk percepatan komersialisasi (kemitraan dengan Mitra Industri dan Ristek Dikti):

a.     Katalis ARHDM

b.    Katalis HDO Green Diesel dan Bioavtur

c.     Katalis hidragenasi ethyl-hexenal

3.     Pengembangan Gedung Pusat Rekayasa Katalis (bantuan dari industri, hibah dari Alumni TK ITB)

Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya :

  • Pengembangan lanjut katalis HDT dan ARHDM
  • Pengembangan katalis HDO dan komersialisasi : green diesel dan green avtur
  • Pengembangan katalis hidragenasi ethyl-hexenal
  • Pabrik-katalis untuk pendidikan yang outputnya untuk inovasi pendidikan, pengajaran dan riset

Acara bersama Rektor ITB berjalan cukup singkat namun padat karena beliau akan melakukan pertemuan selanjutnya. Sebelum meninggalkan pertemuan Pendahuluan Rencana Tahun Kedua Penguatan Inovasi, Pengembangan dan Produksi Katalis “Merah Putih” Rektor ITB bersama Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek, Direktur Inovasi Industri serta tamu undangan lainnya menyempatkan diri foto bersama.

Share this

Berita Terkait