Posted July 29, 2009 by admin in Berita

Mahasiswa Teknik Kimia ITB Raih Medali Emas di Pimnas XXII

fti.itb.ac.id, Setelah selama tiga hari (22/07 ? 24/07) berjuang di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXII yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, akhirnya tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih peringkat kedua, dengan mengumpulkan 4 medali emas, 2 perak, dan 4 medali perunggu.

Empat medali emas ITB dipersembahkan oleh tim Wakid Yuniarto, tim Taufik Rossal Sukma (dua medali), dan tim Widya Purnomowati. Dua medali perak diraih atas nama tim Nadia Fithrianhi dan Faizal Ammaddudin, sedangkan empat perunggu dikumpulkan oleh tim Widya Purnomowati, Rinaldi Medali Rachman, Bentang Arif Budiman, dan M. Thamrin.

Dari empat tim yang dikirimkan oleh Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ? ITB yaitu tim Wakid Yuniarto dkk, tim Rinaldi Medali Rachman, tim Kemal Argha Yuwana dkk dan tim Burhannudin dkk , akhirnya dua diantara tim tersebut berhasil menorehkan prestasi nasional yang sangat membanggakan yaitu tim Wakid Yuniarto dan tim Rinaldi Medali Rachman.

Wakid Yuniarto (13005048) dan Agus Haerudin (13005021) dalam perjuangannya di Pimnas XXII mempresentasikan penelitian yang berjudul ?Penggunaan Katalis Heterogen Berbasis Zinc Oxide untuk Produksi Biodiesel? dengan dibimbing oleh Dr. Melia Laniwati Gunawan, Dr. Subagjo dan Dr. IGBN. Makertihartha akhirnya meraih hasil yang memuaskan dengan menyabet medali emas pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian kategori E (PKMP-E). Sementara Rinaldi Medali Rachman(13005002) mempertahankan hasil penelitiannya yang berjudul ?Pembangkit Tenaga Listrik dari Limbah Tapioka dengan Microbial Fuel Cell (MFC)? dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Tjandra Setiadi, berhasil meraih medali perunggu pada Presentasi PKMP-D.

Ketua Kontingen ITB Nanang T. Puspito menuturkan, tahun lalu ITB hanya menang dalam satu kategori dari tujuh tim yang dikirim. Namun tahun ini, dari lima belas tim ITB yang lolos final, sepuluh di antaranya berhasil membawa ITB masuk tiga besar sekaligus mewakili Jawa Barat (Jabar). Nanang mengatakan, kemungkinan pola pembinaan yang diberikan dosen pembimbing kepada mahasiswa peserta lomba lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Karena kalau dari potensi sebenarnya, mereka bagus dari dulu,” tuturnya di Bandung kepada Harian Pikiran Rakyat, Sabtu (25/7).

Pimnas tahun ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi dalam hal jumlah peserta yaitu menjadi 119 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Sumber : Harian Pikiran Rakyat, Sabtu (25/7)

Share this