FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Kelompok Keahliah Fisika ITB adakan Workshop Sehari Manajemen Energi

Kelompok Keahlian Teknik Fisika ITB menyelenggarakan Workshop Sehari Manajemen Energi dengan tema “Penelitian dan Pengembangan Inovasi Teknologi untuk mendukung Program Kebijakan Pengembangan Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) di Jawa Barat” pada hari Rabu, 14 Februari 2018 bertempat di Gedung T. P. Rachmat lantai 2 Jl. Ganesha no.10 Bandung.

Dibuka dengan sambutan dari Ketua Kelompok Keahlian Teknik Fisika Prof. Hermawan K Dipojono yang mengapresiasi terselenggaranya acara ini, juga berterimkasih kepada perwakilan dari Dinas ESDM dan DPRD Jabar yang berkenan menjadi pembicara dalam workshop ini.

Yunandar Eka Perwira dari komisi II DPRD Jabar menjadi pembicara pertama mengungkapkan bahwa pemanfaatan energi di propinsi Jawa Barat sebagian besar masih mengandalkan sumber daya alam yang ada di daerah Jawa Barat. Menurutnya harus ada program serta sosialisasi tentang mengubah sampah menjadi energi sehingga menjadi pengolahan energi terbarukan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Jawa Barat.

Pembicara selanjutnya adalah Ir. Eddy I. M. Nasution, SE., MT. selaku perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Beliau memaparkan tentang kondisi terkini serta peta wilayah memiliki potensi sumber daya alam yang menjadi pendapatan daerah tiap tahunnya. Ir. Eddy menjelaskan bahwa sumber daya alam terbesar di Jawa Barat adalah Gas Bumi dan Air. Masih banyak yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pendapatan daerah Jawa Barat dan berkontribusi sebagai salah satu pendapatan negara di bidang migas.

Sesi selanjutnya di isi oleh dosen-dosen Kelompok Keahlian Fisika antara lain : Dr. Ir. Edi Leksono, F. X. Nugroho Soelami Ph.D., Brian Yuliarto Ph.D.  dan Rahmat Romadhon M.T., dengan adanya workshop ini diharapkan ada kolaborasi antara Pemerintah, Dinas ESDM  serta pemangku civitas akademik perguruan tinggi guna mencapai Pengembangan Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi yang berkelanjutan.

Share this

Berita Terkait

English