FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB Profesor Dwiwahju Sasongko

Bandung, Sabtu, 10 Maret 2018, bertempat di Aula Barat ITB, Jln. Ganesa No. 10, mulai pukul 09:30 – 11:30 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Dwiwahju Sasongko dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: “Tantangan Pengembangan Teknologi Pemrosesan Batubara Ramah Lingkungan (Clean Coal Technology) di Indonesia”.

Orasi ilmiah ini merupakan pertanggungjawaban akademik dan komitmen atas jabatan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Pemrosesan Batubara dan Biomasa. (buku materi Orasi Ilmiah bisa dilihat di sini 1, 2, 3).

Pada saat ini, kebutuhan batubara sebagai bahan bakar untuk membangkitkan energi selalu meningkat. Meskipun pada beberapa tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan penggunaan energi terbarukan, kebutuhan batubara tetap tinggi. Menurut laporan International Energy Agency (IEA, 2013), kebutuhan energi di Asia Tenggara akan meningkat hingga 80% dari 2013 ke 2035, dengan batubara sebagai pilihan bahan bakar utama.

Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan, dan inspirasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof.Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D., Dekan FTI ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng., serta unsur pimpinan ITB, pimpinan dan anggota Forum Guru Besar ITB, staf pengajar FTI, mahasiswa, para undangan lainnya dan keluarga.

Acara ditutup dengan kegiatan penyampaian ucapan selamat dan ramah tamah.

Share this

Berita Terkait

English