Posted August 6, 2009 by admin in Berita

Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol FTI-ITB Adakan Workshop Metrologi

Bandung.fti.itb.ac.id, Sebagai salah satu usaha untuk mempertemukan lembaga metrologi, industri dan institusi, vendor dan pendidikan tinggi, Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol FTI-ITB dan Direktorat Metrologi Departemen Perdagangan telah mengadakan workshop metrologi dengan tema : ?Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa?. Workshop metrologi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2009, bertempat di Campus Center ITB Jalan Ganesha 10 Bandung. Workshop dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan laporan tentang pelaksanaan workshop oleh Dr. Suprijanto selaku penanggung jawab workshop metrologi dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dr. Dwiwahju Sasongko (Dekan FTI – ITB), dalam sambutannya Dr. Dwiwahju Sasongko menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Departemen Perdagangan yang telah menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan metrologi di ITB, khususnya pada Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol FTI ITB.

Workshop metrologi kali ini menghadirkan keynote speaker Ir. Ardiansyah Parman (Sekjen Depdag) dan Drs. Charles Sagala, MM (Direktur Metrologi). Sementara peserta workshop terdiri dari berbagai lembaga regulator, lembaga kalibrasi dan pengguna antara lain Badan Metrologi tingkat Propinsi, vendor instrumentasi, industri proses, BUMN (Pertamina, PGN, Pupuk Kaltim, PLN, TelKom) dan BUMD (PDAM), institusi pemerintah (Ristek, DepHub, DepKes, DepTan, DepDag, DepPerind : B4T), serta insitusi pendidikan tinggi.

Setelah keynote speaker, workshop sehari ini diisi dengan kegiatan seminar oleh pembicara tamu? yaitu dari: ITB, KIM-LIPI, Komite Akreditasi Nasional (KAN), Pertamina dan Vendor Fluke yang dilanjutkan dengan diskusi panel yang membahas hasil paparan pembicara tadi sehingga mendapatkan suatu road map dalam pengembangan sumber daya manusia untuk pemberdayaan metrologi nasional baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan penerapan untuk peningkatan daya saing bangsa.

Share this