Posted August 28, 2009 by admin in Berita

Mahasiswa Teknik Fisika ITB Ikuti Kompetisi Roket Indonesia 2009

Minggu 2 Agustus 2009, Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) di Bantul, Yogyakarta yang diselenggarakan atas kerjasama Lapan, Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Pendidikan Nasional, UGM, Akademi Angkatan Udara, dan Pemerintah Kabupaten Bantul, diikuti oleh sebanyak 39 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pada Korindo tahun ini topik yang diangkat adalah Payload Meteorologi. Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan mempersiapkan muatan roketnya (payload), sedangkan roket disediakan oleh panitia. Payload adalah substansi yang dibawa di dalam roket. Muatan roket tersebut terdiri atas sensor tekanan, suhu, kelembaban, dan percepatan. Penilaian lomba akan didasarkan pada performa, inovasi, manufaktur, rekayasa, dan desain.

Tim Aermania dari Universitas Satya Wacana berhasil menjuarai Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) 2009, Juara kedua dan ketiga diperoleh UGM, yaitu tim By P dan Gatot Koco. Sedangkan Tim dari ITB yaitu Tim Astronic System berhasil menggendol juara harapan I. Juara Harapan II dan III diperoleh Tim Rocket-Roket UGM Tim Universitas Tarumanegara.

Tim Astronic System (ITB) yang terdiri dari Ridwan Aldilah (13306012) Prodi Teknik Fisika, Hagorly Mohamad (13607033) dan Benito Sebastian (13607026) telah berhasil menyisihkan para peserta dari berbagai universitas dalam Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) 2009 dengan meraih juara harapan I dengan nilai 336,94.

Share this