FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin 2018

Bandung, 29 Agustus 2018, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menyelenggarakan kegiatan Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin (PRI) 2018.

Acara diawali dengan pembacaan Safety Induction Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) yang disampaikan oleh Ari Widyanti, Ph.D.

Sesi berikutnya adalah sambutan oleh Dekan FTI, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng.

Dalam sambutannya Dekan FTI berharap mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini. Kami berharap mahasiswa tetap bersemangat mengikuti kegiatan pagi ini. dan kesempatan anda berinteraksi dengan kawan, membuka network anda yang akan terbawa terus hingga lulus dan memasuki dunia kerja.

Observasi permasalahan terkait topik projek tahun ini adalah di The Dow Chemical Company – Cilegon.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa dosen pengajar Proyek Rekayasa Interdisiplin dan asisten akademik serta tamu undangan dari The Dow Chemical Company – Cilegon.

Acara selanjutnya adalah penyampaian Laporan Pelaksana Kegiatan Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin yang disampaikan oleh Titah Yudhistira, M.T., Ketua Pelaksana kegiatan PRI Tahun 2018.

Dow will extensively present four cases from manufacturing to future industrial development concept.

  1. Cilegon Plant Improvement
  2. Plastic Waste Management
  3. Manufacturing 4.0 in Chemical Industry
  4. Construction Industry Material Economy

Dari 4 topik di atas, masing-masing permasalahan tersebut akan dipresentasikan oleh perwakilan dari The Dow Chemical Company.

         

 

Pelaksanaan Kegiatan Proyek Rekayasa Interdisiplin secara keseluruhan tahapan perkuliahan yang dimulai dengan Kuliah Perdana dan Penjelasan Perkuliahan tanggal 29 Agustus 2018. Jadwal kuliah reguler dilaksanakan setiap hari Rabu pagi mulai pukul 07:00 s.d. 09:00 WIB dengan total perkuliahan sebanyak 15 (lima belas) minggu perkuliahan. Kegiatan Kuliah Proyek Rekayasa Interdisiplin akan berlangsung sampai dengan tanggal 28 November 2018. Pada akhir perkuliahan akan dilakukan Presentasi Akhir dan Pameran Poster (Final Lomba). Adapun komponen Penilaian Proyek Rekayasa Interdisiplin ini mencakup: Softskill dalam kerjasama (komunikasi antar individu, kehadiran dan keaktifan dalam berdiskusi, kemampuan mendengar dan menyampaikan pendapat, dll), Laporan Hasil Perancangan, Presentasi, Poster dan Kehadiran pada sesi perkuliahan.

Tujuan kuliah ini adalah mahasiswa yang terdidi dari berbagai multi disiplin mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim dan menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Kegiatan Kuliah Perdana PRI Tahun 2018 dilaksanakan di Gedung CRCS ITB, dengan jumlah peserta mencapai 340 mahasiswa yang dimulai dari pukul 07:00 sampai pukul 09:30 WIB.

Share this

Berita Terkait

English