Posted January 8, 2008 by man in Berita

ITB Fasilitator Utama Bidang New/Renewable Energy

Tanggal 13-14 Desember 2007 lalu, Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan Field Wise Seminar yang disponsori oleh AUN/ SEED-Net? (ASEAN University Network/ Southeast Asia Engineering Education Development – Network) di Ballroom, Hyatt Regency Bandung. Seminar kali ini mengangkat ?New/ Renewable Energy? sebagai topik utama sehubungan dengan terpilihnya ITB sebagai fasilitator utama untuk bidang? tersebut pada proyek AUN/SEED-Net Fase II yang akan dimulai pada bulan Maret 2008. Dalam seminar tersebut dipresentasikan berbagai hasil penelitian perwakilan universitas anggota AUN/ SEED-Net dan diskusi mengenai rencana strategis dalam bidang fundamental Teknik Mesin dan Teknik Penerbangan dan juga bidang interdisiplin untuk Energi Baru/ Terbarukan (New/Renewable Energy). Dari diskusi yang dipimpin oleh Dr. Ichsan Setya Putra dan Dr. Iman K. Reksowardojo diusulkan pembentukan beberapa Payung Riset baru untuk Collaborative Research Program. Selain itu, didiskusikan pula rencana penyelenggaraan konferensi untuk mendukung Payung Riset tersebut. Hasil diskusi ini akan diajukan kembali sebagai bahan diskusi pada AUN/SEED-Net Steering Committee Meeting yang akan diselenggarakan 18 Januari 2008 di Bangkok.berita_sr.jpg

Field-wise Seminar merupakan seminar tahunan yang secara rutin dilaksanakan 2 kali dalam setahun oleh ITB sebagai salah satu Host Institution dalam Proyek AUN/SEED-Net yang bertujuan: 1) Meninjau kembali, mendiskusikan dan menyusun implementasi rencana tahunan dari berbagai masukan untuk Proyek AUN/ SEED-Net, khususnya merekrut para lulusan, 2) Mempresentasikan hasil riset sesuai dengan tema riset pada Collaborative Research Program yang dipresentasikan oleh mahasiswa AUN/ SEED-Net dan mahasiswa lulusan dari Member Institution, serta mendiskusikan topik-topik dan arah riset baru, 3) Meningkatkan pertukaran pengalaman dan kerja/ hasil riset yang berhubungan dengan tema riset pada Collaborative Research antar sesama Member Institution, 4) Memperkuat hubungan kerjasama antara Member Institution dengan Japanese Supporting Universities.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Emmy Suparka, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ini dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa berbagai universitas anggota AUN/ SEED-Net khususnya bidang Teknik Mesin dan Teknik Penerbangan. Seminar ini dihadiri pula oleh Prof. Hiroomi Homma, Prof. Shinnosuke OBI, Prof. Toshio SHUDO dan Assoc. Prof. Hideki YANADA sebagai keynote speakers. Pada sesi-sesi seminar terlihat antusiasme para peserta saat berdiskusi mengenai riset-riset yang dipresentasikan. Kegiatan seminar berlangsung selama 2 hari dan ditutup secara resmi oleh Prof. Dr. Djoko Suharto selaku koordinator Proyek AUN/ SEED-Net sejak tahun 2001.

Rensi /08012008

Share this