Posted November 24, 2009 by admin in Berita

Mahasiswa Teknik Kimia ITB Terpilih Sebagai Peserta Japan Airlines Scholarship Program

Setiap tahun di sekitar bulan Juni, Japan Airlines (JAL) mengadakan program internasional yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa (S1 dan S2) di kawasan Asia-Pasifik. Tema yang diusung pada setiap tahunnya berbeda-beda, tetapi didasarkan pada sebuah tema besar yaitu menghadapi arus globalisasi. Pada tahun 2009, tema yang diangkat adalah ?Dampak Keberadaan Perusahaan dan Kerjasama Multinasional bagi Negara-Negara di Asia Pasifik?.

JAL Scholarship Program 2009 diikuti oleh 26 mahasiswa dari 13 negara di daerah Asia-Pasifik yang dipilih berdasarkan seleksi essay dan wawancara. Negara-negara yang ikut serta dalam program ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Australia, New Zealand, China, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Filipina, dan Amerika Serikat. Selain mahasiswa peserta tersebut, program ini diikuti pula oleh sekitar 30 orang mahasiswa S1 yang berasal dari berbagai daerah di Jepang. Pada tahun ini Indonesia diwakili oleh 2 orang mahasiswa ITB, dimana salah satunya adalah mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung angkatan 2006 yaitu R. Auzan Abirama (13006047) http://www.jal-foundation.or.jp/new/jalsc/report09/index.html.

Auzan terpilih untuk mengikuti program ini setelah mengikuti seleksi essay dan wawancara akhir yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan selama 17 hari dari 30 Juni 2009-17 Juli 2009, dan diisi oleh seminar, kuliah umum, field trip, dan homestay. Seminar dan kuliah umum bertemakan ?bagaimana kerjasama Internasional seharusnya dilaksanakan?? Diskusi dan pembahasan yang terjadi sangat menarik karena diikuti oleh beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan China serta wakil dari beberapa negara berkembang seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Perbedaan paradigma tentang globalisasi akhirnya mewarnai diskusi dan mengerucut pada sebuah nilai yang sangat luhur yaitu kemanusiaan bukan kepentingan ekonomi.

Selain diskusi dan seminar, dilaksanakan juga program homestay dan field trip yang bertujuan untuk pertukaran budaya antara Jepang dengan negara lain di Asia-Pasifik. Auzan dan kelompoknya sempat mendapatkan ?Spirit of Excellence Award? dalam presentasi kelompok dengan tema ?Preserve Our Heritage?.

Share this