Posted January 22, 2010 by admin in Berita

HIMATEK – TK2008 Budidaya Jamur Merang di Ciparay

Kamis, 21 Januari 2010 sejumlah sekitar 100 mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITB Angkatan 2008 telah diberangkatkan menuju Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, untuk melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat, dengan didampingi oleh Dr. IGBN Makertihartha, Ketua Program Studi Teknik Kimia FTI-ITB dan Dr. Sanggono Adisasmito, Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Teknik Kimia FTI-ITB.? Program ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB dengan tema utama Budidaya Jamur Merang dan berlangsung antara tanggal 21-23 Januari 2010.

Acara diawali dengan Kata Sambutan Penerimaan oleh Ketua RW 21, Desa Pakutandang, Bapak Yayan Sutisna, dan dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Dr. IGBN Makertihartha, Ketua Program Studi Teknik Kimia FTI-ITB. Selama Program Pengabdian kepada Masyarakat berlangsung, peserta ditempatkan di rumah-rumah warga RW 21, sehingga membaur dengan masyarakat dan merasakan keseharian kehidupan warga pedesaan.? Peserta memberikan penyuluhan bertani jamur merang, termasuk menyiapkan kompos media tanam, melakukan sterilisasi kumbung jamur, serta menyemai bibit jamur.? Beberapa aspek kehidupan
pedesaan akan ditingkatkan kualitasnya melalui program ini.? Industri rumah tangga pembuatan keripik opak merupakan salah satu aktivitas produktif masyarakat yang akan dibantu pengembangannya oleh HIMATEK ITB.

Share this