Posted July 28, 2010 by admin in Berita

“Double Degree Program” kerjasama antara ITB dengan Curtin University of Technology Sarawak Malaysia

Delegasi ITB yang dipimpin oleh Prof. Bermawi P. Iskandar dalam kunjungan kerjanya ke Curtin University of Technology (CUT) Sarawak- Malaysia Jumat 23 Juli 2010 telah berhasil menjajagi beberapa bentuk kerjasama yang saling menguntungkan ITB maupun CUT diantaranya: (1) Akan diwujudkannya S1 “double degree” dengan skema 2 tahun di ITB dan 2 tahun di CUT atau alternatif pilihan 3 tahun di ITB dan 1 tahun di CUT. (2) CUT bersedia menerima dosen atau mahasisawa S3 untuk melakukan penelitian di laboratorium milik CUT Sarawak mengingat fasilitas laboratorium yang bagus dan lengkap namun tingkat utilitasnya  masih rendah. (3) CUT bersedia membantu ITB untuk mendapatkan akreditasi ABET  dengan menerima dan mendampingi beberapa staf ITB guna mempelajari/mempersiapkan dokumen dan data pendukung lainnya guna memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh ABET, mengingat CUT telah memiliki pengalaman dalam mempersiapkan akreditasi tingkat internasional seperti IChemE – UK untuk Program Studi Teknik Kimia, ACS (Australian Computer Society) untuk Teknik Informatika dan yang tidak ditinggalkan CUT adalah telah terakreditasi oleh MQA (Malaysia Qualification Agency).

Rombongan ITB berjumlah sembilan orang masing-masing Prof. Bermawi P. Iskandar, Dr. Melia L. Gunawan, Dr. S. Joko Sarwono, Dr. Azis Trianto, Dr. Deddy Kurniadi, Dr. Endang Juliastuti, Dr. T.M.A. Ari Samadhi, Dr. Ahmad Nuruddin dan Dr. Kadarsah Suryadi. Rombongan telah diterima oleh Pro Vice-Chancellor of CUT Sarawak-Malaysia Prof. Ian Kerr dan Chief Operating Officer Mr. James Ng., serta didampingi oleh Dr. Yudi Samyudia Dekan School of Engineering and Science CUT Sarawak.

Nampak dalam foto Prof. Bermawi P. Iskandar dan Prof. Ian Kerr (duduk) berfoto bersama rombongan ITB dan staf Curtin University of Technology Sarawak Malaysia.

Dalam pertemuan itu dapat disimpulkan bahwa kedua perguruan tinggi menyetujui rencana “Double Degree Programme” untuk para mahasiswanya. Melihat dari kemiripan program studi yang dimiliki oleh kedua perguruan tinggi tersebut maka pada tahap awal “double degree” akan dimulai untuk jenjang S1 pada program studi Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Teknik Informatika. Namun tidak tertutup kemungkinan akan ada program studi lain yang akan menyusul kemudian. Sebelum mengakhiri kunjungan rombongan diajak untuk melihat dari dekat fasilitas umum dan beberapa laboratorium di kampus Curtin University of Technology yang berada di kota Miri Sarawak-Malaysia.

km270710

Share this