Posted August 4, 2010 by admin in Berita

ITB Raih 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu pada PIMNAS 2010 Denpasar

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIII adalah lomba karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Sebagai program tahunan, PIMNAS XXIII tahun 2010 kali ini diadakan di Kampus Universitas Mahasaraswati (UNMAS) Denpasar – Bali pada tanggal 20 – 24 Juli 2010.

PIMNAS XXIII diikuti oleh 350 tim dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Satu tim beranggotakan 3 – 5 orang. Ada sekira 109 Perguruan Tinggi yang turut berpartisipasi pada PIMNAS 2010 ini, diantaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, Institut Pertanian Bogor, Institut Sepuluh November Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Makassar, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara, Akademi Pariwisata 45 Jayapura, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Udayana, Universitas Yarsi, Universitas Borneo Tarakan, dan lainnya yang melibatkan 3000 mahasiswa dari seluruh Indonesia (Bali Post).PIMNAS 2010 mengusung Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dibagai menjadi 6 katagori masing-masing: PKM – P (Penelitian), PKM – K (Kewirausahaan), PKM – T (Penerapan Teknologi), PKM – M (Pengabdian Masyarakat), PKM – AI (Artikel Ilmiah), dan PKM – GT (Gagasan Tertulis). PIMNAS dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional M. NUH, hari Rabu, 21 Juli 2010 yang diawali dengan pertunjukkan tari pendet pemecah rekor MURI yang dibawakan 1650 penari dari siswa TK-SD dan SMPSMA/SMK di lingkungan Yayasan PR Saraswati bertempat di GOR Lilabuana Denpasar Bali. Pada jamuan makan malam yang diadakan oleh Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, yang dihadiri pula oleh Dirjen Dikti, Prof. Dr. Djoko Santoso, dan Rektor Unmas sebagai penanggung jawab PIMNAS XXIII sekaligus sebagai tuan rumah, Tjok Istri Sri Ramaswati, SH., M.M.

 

 

 

Nampak dalam foto tim ITB berfoto bersama dengan para pendamping/pembimbing dan piala yang diperolehnya pada PIMNAS 2010 yang diselenggarakan tanggal 21 – 24 Juli 2010 yl. Pada PIMNAS kali ini ITB berhasil menggondol 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Tim yang terdiri atas Yeris P. Octarina (TI ’07), Eka Savitri (TI ’07), Dito Anggodo P. (ET ‘06), Andri Haryono (EL ’06), dan Oryza N. Tarigan (ET ‘06) berhasil mendapatkan 1 emas untuk katagori PKM-Kewirausahaan untuk kelas C dengan judul karya “Peluang Usaha Perangkat Radio FM Sebagai Teknologi Konvensional yang Mampu Menjangkau Daerah Terpencil di Provinsi Jawa Barat dan Banten”. Medali emas juga diraih oleh mahasiswa Program Studi Kimia – FMIPA (Ibnu Ubaidillah dkk) untuk katagori PKM-M (Pengabdian pada masyarakat) dengan judul karya “Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Kulit Pisang Kepok (Mussa paradisica linn) bagi Para Pedagang Gelap Nyawang”. Tim M Taufik dkk (STEI) berhasil memperoleh medali perak untuk katagori PKM-T (Penerapan Teknologi) dengan judul karya “Interactive Electronic Cauter Dengan Control Dispay Untuk Mempermudah Kerja Dokter Khitan Dan Mempercepat Kesembuhan Pasien”. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Atthar Luqman dkk (FMIPA) untuk katagori PKM-P (Penelitian) dengan judul karya “Batere lithium berbahan dasar kulit udang”.  

 

 

 

 

 Pada PIMNAS 2010 diselenggarakan pula pameran non PKM perguruan tinggi. KM ITB telah mengirim Divisi Proinov untuk ikut pameran yang diadakan di depan kampus UNMAS – Bali. Stand KM ITB berhasil memperoleh Juara Harapan 1 sehingga menambah jumlah perolehan piala tim ITB menjadi 5 buah. Semoga di tahun penyelenggaraan PIMNAS yang akan datang tim ITB dapat menambah jumlah prestasi atas perolehan pada lomba PKM maupun lomba-lomba lainnya. Selamat untuk tim ITB.
km04082010
 
 
 
 
 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

Share this