Posted August 9, 2010 by admin in Berita

FTI Mengadakan Pertemuan Dengan Mahasiswa Baru 2010

Mengisi agenda acara ITB dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru (2010), FTI telah mengadakan pengenalan Fakultas dan Program Studi serta pertemuan dosen wali dengan mahasiswa baru pada hari Jumat 6 Agustus 2010 bertempat Gedung Sasana Budaya Ganesa. FTI kali ini memperoleh tempat di ruang tengah  main hall  Sabuga. Sekira 360 atau 92% mahasiswa baru FTI yang hadir pada kesempatan tersebut. Acara dibuka dan dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas Teknologi Industri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTI Prof. Bermawi P. Iskandar (foto bawah). Pak Bermawi juga memperkenalkan para ketua program studi dan dosen yang hadir pada pertemuan itu. 

Acara selanjutnya diisi dengan pengenalan jurusan/program studi oleh masing-masing ketua program studi yang diawali oleh Ketua Program Studi Teknik Kimia Dr. I.B.G.N. Makertihartha, kemudian Ketua Program Studi Teknik Fisika Dr. Deddy Kurniadi dan terakhir Ketua Program Studi Teknik Industri Dr. Tota Simatupang yang diteruskan oleh Dr. T.M.A. Ari Samadhi yang sekaligus mengenalkan program studi baru di FTI. Dengan demikian kini FTI telah memiliki 4 program studi yakni: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri. Yang disebut terakhir adalah Program Studi yang baru saja “lahir” sesuai dengan SK Rektor ITB nomor 208/SK/K01/OT/2010 tanggal 11 Juni 2010.

Interaksi komunikasi telah mengawali pertemuan perdana antara pimpinan fakultas, dosen dengan mahasiswa baru angkatan 2010 yang juga putera/puteri terbaik Indonesia (kebetulan tidak terdapat yang berkewarganegaraan asing). Terlebih setelah Pak “Song” demikian panggilan akrab Dekan FTI Dr. Dwiwahju Sasongko setiba di ruang pertemuan setelah sempat mengadiri rapat Senat ITB sebelumnya, suasana bertambah akrab dan semua mahasiswa baru menyimak secara serius serta berusaha untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Pak Song dan para dosen lainnya karena FTI memberikan hadiah bagi mereka yang berhasil menjawab dengan benar. Nampak Pak Song memberikan hadiah kepada salah satu mahasiswa baru (foto kiri), suasana serius dan penuh perhatian (foto kanan).

Memperhatikan suasana yang hidup berkat komunikasi dua arah terjadi secara aktif,  hampir semua hadirin tidak menyadari kalau waktu terus berjalan dan batas waktu yang diberikan panitia (sesuai dengan jadwal) telah terlampaui. Namun demikian tidak ada satupun dari mahasiswa baru yang merasa resah untuk segera meninggalkan ruangan. Sikap keingintahuan akan FTI dengan berbagai kegiatannya telah muncul pada kesempatan tersebut. Sikap tanggung jawab sebagai insan dewasa para mahasiswa baru telah dimulai saat itu. Suasana yang penuh keakraban, keterbukaan dengan sesertai jog-jog yang segar dari seluruh pengisi acara ditambah dengan penghargaan berupa berbagai macam hadiah (flash disc, kaos dll) terhadap mereka yang berhasil menjawab pertanyaan merupakan kunci dari kesuksesan pertemuan ini.

Untuk diketahui bahwa pada hari Senin 2 Aguatus 2010 bertempat di Ruang Kuliah 9020 Oktagon Pimpinan FTI, dosen wali dan para pembimbing kemahasiswaan FTI juga telah mengadakan pertemuan dan sekaligus pengenalan program kegiatan akademik kepada para orang tua mahasiswa baru ini. Terlihat suasana yang penuh antusiasme juga telah ditunjukkan para orang tua dalam menyimak paparan yang dibawakan oleh Pimpinan dan dosen FTI (foto kiri). Tidak ada kursi yang kosong, bahkan panitia terpaksa menambah beberapa kursi tambahan karena kapasitas ruang tidak mencukupi. Beberapa dosen bahkan rela berdiri di samping kanan dan kiri ruangan.

Bagi putera-puteri terbaik = mahasiswa ITB 2010 “Selamat Datang di kampus impianmu, Selamat berjuang dan belajar”, Masa depan bangsa Indonesia berada di tangan kalian.

km/09082010

Share this