Posted November 8, 2010 by admin in Berita

60 Tahun Teknik Fisika ITB

Waktu terus berjalan, tidak terasa 60 tahun sudah usia Teknik Fisika ITB yang juga seumur dengan mulai dikenalnya teknik fisika di Indonesia. Dengan kata lain Teknik Fisika ITB merupakan pionir dari pendidikan teknik fisika di Indonesia. Untuk memperingati berdirinya teknik fisika di Indonesia sekaligus merefleksikan kembali apa saja yang telah diberikan untuk Indonesia maka Panitia memilih tema acara ulang tahun ini dengan “Dari Teknik Fisika untuk Indonesia”. Peringatan ulang tahun ke 60 Teknik Fisika ITB dibuka secara resmi oleh Rektor ITB Prof. Ahmaloka hari Kamis, 4 Nopember 2010 di Aula Barat ITB dengan ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan oleh Dr. Dwiwahju Sasongko, Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Dr. Deddy Kurniadi Ketua Program Studi Teknik Fisika.

Beberapa rangkaian kegiatan telah menandai ulang tahun Teknik Fisika 2010 ini antara lain:

1. Lomba inovasi mahasiswa dengan peserta para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan tema “Teknologi Energi Tepat Guna Untuk masa Depan Indonesia”. Tahap seleksi naskah kegiatan ini berlangsung dari 23 Agustus – 10 Oktober 2010 dan dilanjutkan dengan Pameran serta Presentasi tanggal 5 – 6 Nopember 2010 bertempat di Auditorium IPTEK Campus Center Timur ITB. Total hadiah yang diperebutkan adalah 20,5 juta rupiah.

2. Pameran Teknologi Energi berlangsung pada 5 – 6 Nopember 2010 di Lapangan CC Timur kampus ITB.

3. Galelobot (Ganesha Line Follower Robot) 2010 yang berlasung seru di Aula Barat tanggal 4 Nopember 2010 dengan total hadiah 15 juta rupiah.

4. Konferensi TF berupa Seminar Penelitian Mahasiswa dan Alumni berlangsung tanggal 4 – 5 Nopember 2010.

5. Talkshow 60th TF pada Sabtu, 6 Nopember 2010 di Aula Barat ITB, dengan moderator oleh Prabu Revolusi.

6. Puncak acara dilaksanakan Sabtu 6 Nopember 2010 mulai jam 19.00 di Lapangan CC Barat dengan menampilkan beberapa grup musik antara lain NAIF, White Shoes & The Couples Company, Baby Eats Crackers dll.

“Selamat Ulang Tahun TF” semoga dengan bertambahnya usia dan semakin berkembangnya pendidikan khususnya Teknik Fisika akan memberikan sumbangsih nyata bagi negeri ini dan sekaligus membawa Indonesia menuju kondisi yang lebih baik lagi. Bravo Teknik Fisika ITB.

Share this