Posted December 30, 2010 by admin in Berita

Wisuda Teknologi Petrokimia di Gresik

Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Akhmaloka pada hari Rabu, 29 Desember 2010 telah mewisuda 66 orang mahasiswa program D1 Teknologi Petrokimia bertempat di wisma Kebomas Kompleks PT Petrokimia Gresik, Jawa Timur. Tampak hadir dalam acara tersebut, seluruh jajaran direksi dan seluruh staf eselon I dan II PT Petrokimia Gresik. Menurut ketua tim penyelenggara pendidikan program D1 Petrokimia Dr. Danu Ariono dari KK Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia FTI, kegiatan perkuliahan telah dimulai pada pertengahan Januari 2010 hingga pertengahan Desember 2010. Jumlah beban akademik yang harus ditempuh dalam dua semester adalah 40 sks. Tiap semester ada 7 mata kuliah, 6 mata kuliah dengan beban 3 sks dan 1 mata kuliah dengan beban 2 sks. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan pendekatan teknologi proses dan/atau peralatan yang telah dikenali oleh para mahasiswa di lingkungan kerjanya (PT Petrokimia Gresik). dari proses atau peralatan tersebut dilakukan kajian teoritik dan analisis aplikasi secara komprehensif yang meliputi prinsip dasar proses serta keragaman unit-unit pemrosesnya.   Dengan pendekatan tersebut ilmu dasar sain (basic sciences), matematik dan ilmu dasar rekayasa kimia tidak diberikan dalam bentuk mata kuliah tersendiri.  Lebih lanjut Dr. Danu Ariono mengatakan bahwa mata kuliah tersebut diberikan secara bertahap melalui mata kuliah lain yang memerlukan dan berkaitan dengan ilmu dasarnya. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang sesuai dengan kondisi para mahasiswa.

Peserta didik (mahasiswa) program D1 Teknologi Petrokimia ini adalah para karyawan bagian operator dari berbagai unit di PT Petrokimia Gresik yang telah melalui seleksi dan dinyatakan memenuhi ketentuan akademik. Sedangkan kegiatan pendidikan dilaksanakan oleh Fakultas Teknologi Industri ITB . Dalam wisuda ini terdapat dua  wisudawan yang berhasil lulus dengan nilai tertinggi yakni 3,70 masing-masing: Andrian Ragil Meilino (NIM 03009140) dan Novan Herdianto (NIM 03009149). Keduanya memperoleh penghargaan dari Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr. Dwiwahju Sasongko.

Pada kesempatan itu, Rektor ITB dalam sambutannya menyampaikan bahwa program D1 Petrokimia merupakan program khusus yang diselenggarakan berdasarkan kerja sama antara PT Petrokimia Gresik dan Institut Teknologi Bandung. Sungguh suatu hal yang menggembirakan dimana ITB dapat berperan aktif dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di PT Petrokimia Gresik melalui penyelenggaraan pendidikan formal program D1 yang dijalankan ditengah-tengah kesibukan peserta yang tetap berkarya untuk mengoperasikan pabriknya. Karena secara umum, pengembangan SDM di lingkungan industri dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dan sangat jarang yang melalui pendidikan formal. Dengan demikian maka PT Petrokimia Gresik telah melakukan terobosan dalam pengembangan SDM, khususnya dibagian operasi, dengan menyertakan karyawan untuk mengikuti pendidikan formal.

Sedangkan Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Ir. Hidayat Nyakman, MS., MA  menyampaikan rasa bangga dan bahagia kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil lulus dalam menempuh pendidikan ini dengan tanpa meninggalkan kewajibannya untuk tetap bekerja sebagaimana biasa. Nampak dalam foto, Rektor ITB bersama-sama dengan Dekan FTI ITB dan Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Ir. Hidayat Nyakman berfoto bersama dengan para wisudawan seusai acara wisuda. Selamat untuk para wisudawan.

Share this