Posted January 19, 2011 by admin in Berita

Pra Kegiatan Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional 2011

Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional 2011 (LRPTN XII) yang pendaftarannya telah ditutup sejak 5 Desember 2010 yang lalu telah menerima 86 kelompok mahasiswa yang akan berpartisipasi pada lomba rancang pabrik tahun 2011 ini. Tema LRPTN XII ini adalah Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan dan Energi Nasional. Sedangkan maksud dan tujuannya sebagai stepping zone bagi kalangan akademisi dan praktisi Teknik Kimia untuk mencurahkan ide dan pemikiran dalam pengembangan industri kimia yang berbasiskan sumber daya alam Indonesia untuk meningkatkan ketahanan pada sektor pangan dan energi nasional.
Sebagaimana pelaksanaan LRPTN yang lalu, ada 3 katagori lomba yang dipertandingkan masing-masing:

1. Katagori A = Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan
Ketahanan Pangan Nasional
2. Katagori B = Pengembangan Energi Terbarukan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Energi Nasional
3. Katagori C = Problem Solving  “Permasalahan Treatment pada Produksi Biodiesel
dari Reaktor Esterifikasi menuju Transesterifikasi, PT Ganesha Energy 77”

Menurut ketua panitia LRPTN XII, Ivan Hadinata (TK’07) pada lomba tahun ini katagori A akan diikuti oleh 27 kelompok dari 11 universitas/perguruan tinggi, untuk katagori B akan diikuti oleh 35 kelompok dari 12 universitas/perguruan tinggi dan katagori C diikuti oleh 24 kelompok dari 8 universitas/perguruan tinggi.
Dalam rangka menyosong acara utama LRPTN XII panitia mengadakan beberapa pra kegiatan LRPTN, diantaranya berupa Pelatihan Rancang Pabrik (PRP) Gelombang I yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Januari 2011 bertempat di Ruang X-316, Labtek X Kampus Ganesa ITB. Pelatihan ini diisi oleh Ir. Boi Sormin, Senior Process Engineer PT. Rekayasa Industri. Kegiatan pelatihan pra lomba ini diikuti oleh 65 orang mahasiswa Teknik Kimia dari berbagai universitas di Indonesia, diantaranya dari UI, UGM, ITI, ITENAS, STMI, ITB dan UNPAR. Selanjutnya Ivan mengatakan, acara Pelatihan Rancang Pabrik ini merupakan inovasi baru dalam rangkaian acara kegiatan LRPTN XII, yang mana diharapkan dapat memberi wawasan baru bagi mahasiswa/peserta lomba mengenai perancangan pabrik dengan nara sumber dari kalangan perusahaan EPC.

Acara Pelatihan Rncang Pabrik dibuka secara resmi oleh Dr. Irwan Noezar, salah satu dosen senior Teknik Kimia ITB. Hal ini menunjukkan bahwa LRPTN telah memiliki sinergi yang baik antara Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia dengan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri. Acara yang berlangsung sekira 8 jam dibagi menjadi empat sesi. Aspek yang dibahas antara lain Orientasi Plant Desain, pengenalan tipe proses utama dalam pabrik, pengenalan process equipment, pembuatan layout pabrik, pengenalan standard process flow diagram dan pembuatan mass and heat balance, PFD dan mass balance, pengenalan pipa, perancangan tangkim pengenalan ducting dan perancangan ducting sederhana, pengenalan mengenai sistem listrik pabrik dan instrumentasi sebagai bahan tambahan untuk perancangan pabrik.

Berikut pendapat Vicky salah seorang peserta PRP yang berasal dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung menyatakan bahwa acara PRP ini menarik dan sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan lebih yang tidak diperolehnya di kampus. Sementara itu Panitia LRPTN XII sendiri berharap dengan diselenggarakannya PRP ini dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa teknik kimia pada umumnya dan secara khusus meningkatkan kualitas peserta LRPTN XII. Panitia LRPTN XII masih menyiapkan berbagai rangkaian acara LRPTN berikutnya, yaitu PRP Gelombang II  yang rencananya akan diadakan pada tanggal 5 Februari 2011, Kompetisi Esai Mahasiswa dan Pelajar pada bulan Maret 2010, serta acara utama LRPTN XII yang terdiri dari Expo dan Grand Final pada April 2011 mendatang. Bagi yang memerlukan info lebih lanjut tentang LRPTN sila akses www.lrptn.com

Share this