Posted January 26, 2011 by admin in Berita

Peluang Kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM di Sumatera Selatan

Kelompok Keahlian Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri ITB pada 16-19 Januari 2011 yang lalu telah melakukan perjalanan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan untuk memperluas jaringan kerjasama. Kunjungan kerja bertujuan untuk menjajaki peluang kerjasama penelitian, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Rombongan berjumlah 12 orang anggota KK Teknik Fisika yang dipimpin langsung oleh Dr. Hermawan K Dipojono sekaligus sebagai Dekan FTI ITB berangkat hari Minggu 16 Januari 2011 melalui bandara Soekarno-Hatta langsung menuju Palembang. Setiba di bandara Sultan Machmoed Badaruddin II rombongan disambut oleh Ikatan Alumni Sumatera Selatan. Malam harinya rombongan mengadakan pertemuan dengan IA-ITB Sumatera Selatan.
Kunjungan kerja dimulai Senin, 17 Januari 2011 dengan mengunjungi PT. Pupuk Sriwijaya dan Kantor Gubernur Sumatera Selatan. Pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan Bapak Alex Noerdin yang dihadiri pula oleh Ketua DPRD Sumsel Bapak W. Bambang Oetoyo yang kebetulan juga menjabat sebagai Ketua IA _ITB Sumsel. Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan penelitian dan pengembangan yang dilakukan ITB dapat diterapkan di Sumatera Selatan sehingga dapat menggali lebih lanjut terhadap potensi yang ada. “Sumatera Selatan dicanangkan sebagai lumbung energi nasional,” ucap Alex Noerdin seraya menambahkan bahwa Sumatera Selatan memiliki cadangan gas, CBM dan potensi geothermal yang sangat besar. Seluruh hasilnya kebanyakan dikirim ke luar daerah Sumsel. Selain itu, Gubernur menyampaikan keyakinannya pada rencana Palembang sebagai tuan rumah SEAGAMES 2011, karenanya seluruh pembangunan masih berjalan sesuai jadwal dan pada waktunya nanti pasti akan siap.

Hari kedua kunjungan kerja, rombongan mengunjungi Universitas Sriwijaya yang menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan ITB dalam bidang penelitian dan aplikasi di industri. UNSRI mempunyai kegiatan penelitian Rusnas energi yang dimulai dari tahun 2008 dan berakhir 2009. Walaupun terhenti namun kegiatan tetap berlanjut, karena UNSRI percaya bahwa penelitian energi merupakan topik unggulan. Hingga sekarang kegiatan disokong dari dana pemerintah daerah dan anggaran tahunan UNSRI.
Selanjutnya rombongan mengunjungi PT Pertamina Refinery Unit 3 Plaju yang membahas antara lain pengembangan SDM dalam bidang pengukuran & instrumentasi, plant reliability, konservasi energi, getaran dan kebisingan, K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), serta pemecahan masalah operasi dan pemeliharaan kilang. 

Dari kunjungan kerja tersebut dapat disimpulkan bahwa kolaborasi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Knowledge management dan problem solving, adalah merupakan tema-tema yang diangkat. Sementara itu kedua Industri yang telah dikunjungi, yaitu Pertamina Plaju dan Pupuk Sriwijaya berharap dapat meningkatkan lagi kerja samanya dengan ITB.

Sumber: JS (edited)

Share this