Posted February 18, 2011 by admin in Berita

Seminar Instrumentasi dan Kontrol

Bertempat di ruang Auditorium Campus Center Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Teknologi Industri pada Kamis, 17 Februari 2011 telah menyelenggarakan Seminar Instrumenteasi dan Kontrol dengan mengambil tema Education and Technology. Seminar yang dihadiri oleh para akademisi, parktisi dan para mahasiswa dibuka secara resmi oleh Dr. Hermawan K. Dipojono Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB. Kali ini Panitia penyelenggara mengajak PT Yokogawa Indonesia untuk menjadi mitra kerja dalam penyelenggaraan seminar tersebut.  Hal ini diwujudkan dengan mengirimkan 2 pembicaranya yaitu Mr. Kuntoro, Service Dept. Technical Div. PT Yokogawa Indonesia dan Mr. Umesh Bali dari Yokogawa Engineering Asia-Singapore.

Dr. Deddy Kurniadi yang juga Ketua Program Studi Sarjana Teknik Fisika mengawali acara seminar ini dengan judul makalah Pendidikan Tinggi Instrumentasi dan Kontrol. Pada sesi berikutnya Mr. Kuntoro mempresentasikan Simulator untuk Pendidikan Instrumentasi dan Kontrol yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Dr. Supriyanto (KK Instrumentasi dan Kontrol) dengan Pengalaman Penyelenggaraan Pendidikan D3 Metrologi dan Instrumentasi di Fakultas Teknologi Industri ITB yang bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan RI. Setelah makan siang dilanjutkan dengan 3 orang pembicara lagi masing-masing Dr. Parsaulian Siregar (KK Instrumentasi dan kontrol), Mr Umesh Bali dan Mr. Kuntoro.

Pemetaan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang instrumentasi dan kontrol dipandang perlu dilakukan untuk mengahadapi tantangan kebutuhan di dunia industri proses, industri manufaktur dll. Link and match antara pendidikan formal bidang instrumentasi dengan aktivitas industri masih belum terjalin dengan baik, demikian menurut pendapat Dr. Parsaulian Siregar dalam paparannya yang berjudul Pemetaan Kebutuhan Keahlian Instrumentasi dan Kontrol. Sedangkan Mr. Umesh Bali mengenalkan instrumentasi produk yang dibuat oleh Yokogawa khususnya Test & Measurement Instruments. Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan moderator Dr. Estiyanti Ekawati dari KK Instrumentasi dan Kontrol.

Share this