Posted March 8, 2011 by admin in Berita

Mahasiswa TI jadi Juara I Lomba EFiCN 2011

EFiCn (Engineering Festival and Competition) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pelita Harapan (HMTI-UPH). Acara EFiCn tahun 2011 terdiri dari kompetisi tingkat nasional di bidang keilmuan Teknik Industri untuk mahasiswa S1 yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan seminar yang diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman para peserta. EFiCn 2011 yang diadakan pada tanggal 15-19 Februari 2011 di kampus UPH, mengambil tema “Real World, Industrial World” yang menunjukkan bahwa aplikasi ilmu Teknik Industri dapat diterapkan hampir di seluruh dunia kerja yang nyata dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik.

Peserta EFiCn 2011 berjumlah 24 tim berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Setiap tim masing-masing beranggotakan tiga orang dari perguruan tinggi yang sama. Beberapa perwakilan perguruan-perguruan tinggi yang turut berpartisipasi dalam EFiCn 2011 adalah: Institut Teknologi Bandung, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Pelita Harapan, Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya Jogjakarta, Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pancasila, Universitas Diponegoro, Universitas Widyatama, dan masih banyak lagi.

Hasil dari lomba EFiCN 2011 adalah: Juara Pertama diraih oleh Tim ITB yang terdiri dari Alvin Pradana, Nadya Natalia, dan William Rusli Pranatha (mahasiswa Teknik Industri FTI), kemudian tim Universitas Pelita Harapan sebagai juara kedua, dan Universitas Atma Jaya Jogjakarta sebagai juara ketiga. Dengan prestasi ini, maka perwakilan program studi Teknik Industri ITB berhasil menjadi juara pertama untuk yang ketigakalinya di acara EFiCn secara berturut-turut.

Perlombaan EFiCn 2011 itu sendiri berlangsung dalam tiga babak besar, yaitu babak eliminasi 1, eliminas 2, dan babak final. Pada babak eliminasi 1, para peserta diuji pengetahuan dan pemahaman mengenai keilmuan Teknik Industri secara umum yaitu melalui soal-soal pilihan berganda dan lomba cerdas cermat. Dalam eliminasi ini, para peserta dituntut untuk berpikir cepat, cermat, dan tepat sehingga dapat menjawab semua soal dengan benar. Hasil dari eliminasi 1 adalah sepuluh tim terbaik yang dapat lolos ke babak berikutnya. Pada babak eliminasi 2, sepuluh tim yang lolos kemudian diberikan suatu kasus tentang sebuah desa tertinggal yaitu Desa Teluk Naga yang terletak di Kabupaten Tangerang dan bagaimana ide proposal bisnis yang dapat diberikan untuk membantu masyarakat desa tersebut. Para peserta harus mencari ide proposal bisnis yang tepat dan sesuai untuk diterapkan di Desa Teluk Naga, agar masyarakat desa tersebut dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Hasil dari eliminasi 2 adalah lima tim terbaik yang dapat lolos ke babak final, yaitu satu tim ITB, dua tim Universitas Katolik Parahyangan, satu tim Universitas Pelita Harapan, dan satu tim Universitas Atma Jaya Jogjakarta.

Babak final berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, kelima tim yang lolos diajak untuk melakukan studi lapangan langsung ke pabrik PT. Selamat Sempurna Tbk yang terletak di Bitung. Setiba di pabrik, peserta dibebaskan untuk mencari data apapun agar dapat mengidentifikasi pemborosan yang terjadi di lokasi pabrik PT. Selamat Sempurna Tbk, khususnya untuk lini produksi produk RSPUAF atau Radial Seal Polyurethane Air Filter. Setelah studi lapangan, peserta diberikan kesempatan untuk merumuskan masalah yang ada dan memberikan usulan perbaikan sehingga dapat meningkatkan QCD (Quality Cost Delivery) dari pabrik tersebut.
Di hari kedua babak final, peserta mempresentasikan hasil dari identifikasi masalah, analisis, dan usulan perbaikan kepada para dewan juri yang kemudian memutuskan para juara lomba EFiCN 2011.

Kegiatan EFiCn 2011 ini, tidak hanya perlombaan yang diadakan melainkan juga ada seminar yang disusun oleh panitia berkaitan dengan tema yang diangkat yaitu “Real World, Industrial World”. Peserta lomba yang sekaligus juga menjadi peserta seminar dapat memetik pengalaman dan tambahan wawasan dari materi yang disampaikan oleh para pembicara. Pembicara pertama bertajuk “Understanding 5-S for Better System” yang diberikan oleh Alpriyadi Sumawinata, Deputy Factory Manager PT. Selamat Sempurna Tbk (ADR Group Companies) dengan inti bahasan bagaimana sebuah pabrik dapat memahami dan menerapkan konsep 5-S sehingga dapat bersaing di pasar internasional. Sedangkan pembicara kedua bertajuk “The Strategy Fresh Graduates Needs to Face Real World Challenge” yang diberikan oleh Ibu Arifa Tan, Direktur of Siebel CRM Company dari Phintraco Consulting.

Selamat untuk William, Alvin dan Nadya… semoga kemenangan ini dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang.

Sumber: Nadya Natalia (edited)

Share this