Posted March 25, 2011 by admin in Berita

Tim Vijaya ITB Juara I LKTI 2011 di Universitas Indonesia

Lomba Keilmuan Teknik Industri, atau disingkat LKTI, adalah acara perlombaan tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Industri Universitas Indonesia. Lomba tingkat Nasional ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. LKTI 2011 kali ini mengusung tema  “Empowering IKM (Small-Medium Industries) as Competitive Advantage For Indonesian Industries”. Menurut Panitia Penyelenggara, tema tersebut dipilih karena secara fakta bahwa sektor industri di Indonesia saat ini didominasi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Walaupun demikian potensi besar yang dimiliki UKM di Indonesia belum digarap secara maksimal. Oleh karena itu, UKM perlu dikembangkan sebagai salah satu keunggulan kompetitif nasional Indonesia terutama untuk menghadapi era globalisasi. Pengembangan UKM diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan kompetitif dari UKM sehingga dapat bersaing di pasar domestik dan pasar ekspor.

LKTI 2011 dibagi dalam dua bagian yaitu babak pra-eliminasi yang diselenggarakan pada bulan Februari 2011 dan babak utama yang diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 11 Maret 2011 di Wisma Makara, Universitas Indonesia. Pada babak pra-eliminasi, para calon peserta diwajibkan untuk membuat suatu paper yang menjawab studi kasus mengenai UKM yang diberikan oleh panitia. Melalui babak ini, calon peserta diseleksi untuk dapat mengikuti babak utama. Peserta yang lolos seleksi berjumlah 25 tim yang berasal dari 23 universitas atau perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Universitas Andalas, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, dan sebagainya. Tim Vijaya yang beranggotakan Alvin Pradana, Luh Ariani, Nadya Natalia, dan William Rusli dari Teknik Industri ITB angkatan 2007 berhasil menjadi perwakilan ITB untuk masuk ke babak utama LKTI 2011, dan berhasil menjadi Juara I pada lomba tahun 2011 ini.

Babak utama terdiri dari tiga babak eliminasi. Pada eliminasi pertama, para peserta harus mengikuti IEQ Test (Industrial Engineering Quotion Test) dimaksudkan untuk menguji pengetahuan dan pemahaman tentang keilmuan Teknik Industri secara umum. Pada eliminasi kedua, para peserta mengikuti simulasi bisnis. Dalam simulasi bisnis ini, peserta dihadapkan pada kondisi dimana mereka harus menjual suatu produk dengan melihat peluang pasar dan persaingan yang ada, serta bagaimana mereka dapat memenangkan persaingan tersebut. Nilai dari babak eliminasi pertama dan kedua diakumulasi dan lima tim terbaik dapat melanjutkan ke babak final. Lima tim yang berhasil lolos ke babak final adalah Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Telkom, Universitas Surabaya, dan Universitas Kristen Petra.
Babak final LKTI 2011 berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, para finalis melakukan studi lapangan dengan melakukan kunjungan langsung ke UKM yang bergerak di bidang garmen yang terletak di Pusat Industri Kecil Penggilingan, Jakarta Timur. Di UKM tersebut para finalis berupaya untuk menganalisis masalah yang ada serta memberikan alternatif upaya perbaikan yang dapat dilakukan oleh UKM untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini dituangkan dalam bentuk makalah dan presentasi yang menjawab tiga permasalahan utama, yaitu:

–  Apa potensi UKM yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan UKM di masa depan serta  permasalahan yang dihadapi?

–  Apa rekomendasi agar UKM dapat menjada keberlangsungannya di masa datang dengan mempertimbangkan potensi dan kondisi eksternal?

–  Apa rencana pengembangan yang mampu memberikan bagi industri garmen Indonesia?

Pada hari kedua babak final, para finalis harus menyusun makalah  dan kemudian mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan  dewan juri yang terdiri dari empat orang, yaitu dua orang akademisi dan dua orang berasal dari pelaku/praktisi industri Indonesia. Hasil akhir dari babak final ini adalah Tim Vijaya – ITB menjadi juara pertama, ITT Telkom sebagai juara kedua, dan UGM sebagai juara ketiga. Sedangkan Universitas Kristen Petra dan Universitas Surabaya sebagai juara harapan. Dengan prestasi ini, diharapkan para mahasiswa Teknik Industri ITB semakin terpacu untuk terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun tingkat regional.

Share this