Posted April 1, 2011 by admin in Berita

Dari Ajang Kompetisi NIELSEN Marketing Challenge 2011

Hari Jumat, 18 Maret 2011, bertempat di Ballroom Hotel Mandarin Oriental, Jakarta menjadi saksi bahwa Tim Vidyashana (ITB) yang terdiri atas Dayu Dara Permata (Teknik Industri, 2008) Romi Kharisnawan (Sistem Informasi & Teknologi, 2008) dan Muhammad Hazki Hariowibowo (Sistem Informasi & Teknologi, 2008) telah mencapai babak final dengan membawakan tematik “Generating Purchase Intention Through Marketing Mix Strategy and Clustering Segmentation Analysis: A Case Study at MyCampus Store ITB” pada kompetisi nasional Nielsen Marketing Challenge. Kegiatan yang diinisiasi oleh The Nielsen Company Indonesia ini, sebagai ajang kompetisi strategi pemasaran berskala nasional.  

Setelah melewati kompetisi awal sebagai ajang penyisihan yang berlangsung di kampus masing-masing peserta, juri memilih 5 tim yang berasal dari 4 perguruan tinggi yaitu, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran yang berhak lolos ke babak final nasional di Jakarta. Kelima tim tersebut telah lolos dengan rancangan riset marketing terbaik dari sekira 300 proposal yang masuk sejak akhir November 2010. Berikut nama kelima tim tersebut: Tim Insight dan Tim Release dari Universitas Indonesia, Tim Prophetique dari Universitas Gadjah Mada, Tim Vidyashana dari ITB dan Green-Team Man dari Universitas Padjajaran. Kelima tim terbaik tersebut harus membuat proposal riset pemasaran dan mempresentasikan pada tahap final tingkat nasional di Jakarta. 

Presentasi dilakukan dihadapan para juri yang terdiri atas jajaran eksekutif The Nielsen Company Indonesia maupun Nielsen Regional Office Singapore antara lain Catherine Eddy (Managing Director The Nielsen Company Indonesia), Teguh Yunanto (Executice Director Retail Measurement Service), Jane (CEO Cosmogirl), Yudi Suryanatha (Executive Director Consumer Research) dll. Selain dilakukan di hadapan para juri, presentasi juga dihadiri oleh supporter masing-masing tim, tamu/undangan yang berasal dari media dan universitas yang ikut serta dalam kompetisi.
Setelah kelima tim selesai mempresentasikan research report­-nya masing-masing, maka tibalah waktunya pengumuman pemenang. Setelah melalui perundingan yang cukup panjang, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Tim Release dari Universitas Indonesia keluar sebagai pemenang. Catherine Eddy, sebagai ketua tim Dewan Juri mengatakan bahwa faktor yang menjadi kunci kemenangan tim ini adalah kualitas presentasi kualitatif yang sangat baik yang sesuai dengan gaya Nielsen dalam membawakan presentasi di hadapan klien dan people skill yang mengagumkan.
Kali ini, meskipun ITB gagal meraih gelar juara namun tetap bangga karena tim berhasil melaju hingga mencapai babak final dan mendapatkan banyak pengetahuan di bidang yang sama sekali baru (marketing survey) yang diluar bidang keteknikan yang dipelajari di bangku kuliah selama ini.

Share this