Posted April 19, 2011 by admin in Berita

Grand Final Lomba Rancang Pabrik tanggal 26-28 April 2011

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) akan menyelenggarakan Grand Final Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) ke XII – 2011 pada hari Selasa-Kamis, 26-28 April 2011, bertempat di Aula Timur ITB, jalan Ganesa no. 10 Bandung. Pembukaan Grand Final secara resmi akan diadakan pada Selasa, 26 April 2011 jam 08.00. Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah: “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan dan Energi Nasional“. Dalam acara ini akan digelar juga Seminar yang akan menghadirkan antara lain: Fransiskus Welirang (Dirut. PT Indofood Sukses Makmur Tbk), Prof. Dr. Purwiyatno Haryadi (Dirut. Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology), Adhi S. Lukman (Ketua GAPMMI, Gabungan Antar Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia), Triharyo Soesilo, Komisaris PT Pertamina (Persero), Yani Panigoro (Komisaris PT Medco Energi Internasional, Tbk), dan para pakar lainnya.

Para finalis lomba akan mepresentasikan hasil karyanya pada acara puncak sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui oleh finalis lomba. Seperti yang telah diberitakan terdahulu, bahwa lomba rancang pabrik 2011 ini dibagi menjadi 3(tiga) katagori yakni, Katagori A: Pemanfaatan Sumber Daya Alama Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional. Para Finalis dalam katagori ini adalah: Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Widya mandala. Katagori B: Pengembangan Energi Terbarukan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Energi Nasional. Yang berhasil menjadi finalis pada katagori B adalah: Institut Teknologi Bandung (3 kelompok). Sedangkan finalis katagori C adalah: Institut Teknologi Bandung (2 kelompok) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Katagori C bertema Permasalahan Treatment pada Produksi Biodiesel dari Reaktor Esterifikasi menuju Transesterifikasi, PT Ganesa Energy 77.

Dari para finalis yang bertarung di ajang ini akan ditetapkan urutan pemenang sesuai katagori yang diikutinya. Selain itu Panitia juga akan mengumumkan para pemenang lomba esai pelajar dan mahasiswa yang telah diterima panitia dan dinilai oleh tim juri. Acara grand final ini menurut rencana akan diramaikan pula oleh Keluarga Paduan Angklung ITB, Fruit n’ Salads, Jubing Kristianto, Unit Kesenian Aceh ITB serta Loedroek ITB dan beberapa stand pameran perusahaan akan diisi antara lain oleh PT Pupuk Sriwijaya (Persero), PT Lautan Luas Tbk, PT Kaltim Pasifik Amoniak, BPMIGAS dll.

Share this