Posted April 26, 2011 by admin in Berita

Grand Final LRPTN ke XII – 2011 dibuka oleh WRRI – ITB

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS., berkenan membuka secara resmi acara Grand final Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) ke XII tahun 2011 di Aula Timur Kampus ITB, Jl. Ganesa no 10 Bandung.  Tarian Saman yang dibawakan oleh Unit Kesenian Aceh, ITB telah mengawali acara sebelum dibuka secara resmi. Tidak ketinggalan pula partisipasi Loedroek ITB dengan tarian Remo-nya dapat dinikmati oleh para hadirin, peserta lomba dan tamu undangan lainnya. Hadir pada kesempatan tersebut Dr. Yazid Bindar, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTI yang mewakili Dekan FTI karena sedang bertugas ke Jepang. Tampak pula dalam deretan tamu/undangan para pembicara “Talk Show” yang mengambil tema Mewujudkan Kemandirian Pangan Indonesia.  

Rangkaian acara grand final ini akan diadakan selama 3 hari berturut-turut yakni mulai tanggal 26 – 28 April 2011, hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia LRPTN ke XII, Sdr. Ivan Hadinata. Seperti yang diketahui bahwa LRPTN ini diprakarsai oleh Himatek (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) ITB yang merupakan kegiatan rutin tahunan dan bersifat nasional. Grand Final ini akan diikuti oleh 9(sembilan) kelompok/tim yang berasal dari 5(lima) perguruan tinggi di Indonesia. Kesembilan kelompok/tim ini mewakili 3 katagori lomba. Setiap kelompok/tim akan mempresentasikan hasil rancangannya dengan cara, gaya, kemampuan masing-masing di depan para dewan juri yang berasal dari akademisi, peneliti dan para pakar dibidang industri makanan, energi dan proses. Berikut nama-nama dewan juri: 

1. Katagori A : Pemanfaatan SUmber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional; Yusuf Hady (Direktur Operasional PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk), Mardi Wu (Presiden Direktur PT Nutrifood), Prof. Dr. Ir. Setijo Bismo, DEA (Guru Besar Dep. Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia), Ir. Boi Sormin (Senior Process Engineer, PT Rekayasa Industri).

2. Katagori B: Pengembangan Energi Terbarukan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Energi Nasional; Prof. Dr. Heru Setyawan (Guru Besar Teknik Kimia, Institut Teknologi Surabaya), Tjahjono Herawan (Praktisi Pusat Penelitian Kelapa Sawit), Digna Jatiningsih (Process Engineer, PT Pupuk Kaltim), Ricky Hikmawan W., ST, MH (Direktur Utama, PT Pasadena Engineering Indonesia).

3. Katagori C: Problem Solving “Permasalahan Treatment pada Produksi Biodiesel dari Reaktor Esterifikasi menuju Transesterifikasi, PT Ganesha Energi 77”; Ella Meilia (Process Engineer, PT IKPT), Imam Baehaqi (Process Engineer, PT Ganesha Energi 77).

Pada LRPTN ke XII ini, Panitia juga menyediakan stand pameran perusahaan secara terbatas yang nampak mengisi stand yang tersedia antara lain PT Kaltim Pasifik Amoniak, PT Pupuk Sriwijaya, PT Lautan Luas, Tbk, dll.

Di hari pertama, panitia juga mengundang para ahli di bidang industri pangan untuk  mengisi acara talk show masing-masing: Franciscus Welirang (Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Tbk), Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi (Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center,  Institut Pertanian Bogor) dan Adhi S. Lukman (Ketua Umum, Gabungan Antar Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia). Hari kedua, akan diisi oleh keynote speech dari Triharyo Soesilo (Komisaris, PT Pertamina) dan Luluk Sumiarso (Dirjen Energi baru, Terbarukan dan Konservasi Energi). Pada hari ketiga akan diisi keynote speech dari Hilmi Panigoro (Presiden Komisaris, PT Medco Energi Internasional, Tbk). Menurut rencana penutupan dan sekaligus pengumuman para pemenang lomba LRPTN ke XII – 2011 ini akan diadakan pada hari Kamis, 28 April 2011 jam 16.00 – 17.30 sekaligus menyaksikan pertunjukan dari Jubing Kristianto.

Share this