Posted July 14, 2011 by admin in Berita

Seminar Teknik Kimia “Soehadi Reksowardojo 2011”

Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan APTEKINDO (Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia) dan BKKPII (Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia) akan mengadakan Seminar Tahunan “Soehadi Reksowardojo 2011”. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati 70 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia. Seminar ini akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 7 Oktober 2011 di Aula Barat dan Aula Timur, Kampus ITB Jl. Ganesa no. 10 Bandung. Tema seminar kali ini (2011) adalah Bioenegry, Biobased Product and Process Developments.

Pendidikan Tinggi Teknik Kimia yang pertama di Indonesia didirikan di ITB pada tahun 1941. Pada awal pendiriannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan insinyur untuk dunia industri yang berbasis pertanian seperti gula dan karet. Saat ini terdapat sekitar 45 departemen teknik kimia dengan berbagai bidang keahlian/spesialisasi yang berdasar pada sumber daya lokal. Hampir semua departemen tersebut telah bergabung dalam APTEKINDO untuk meningkatkan program teknik kimia di Indonesia. Sedangkan para insinyur profesional bergabung dalam BKKPII.

Seminar tahunan ini dinamakan Seminar Soehadi Reksowardojo. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati kontribusi dan peran serta yang telah diberikan dalam mengembangkan pendidikan tinggi teknik kimia di Indonesia. Seminar Soehadi Reksowardojo mulai diselenggarakan sejak tahun 1991yang lalu. 

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di sini.

Share this