Posted September 18, 2008 by man in Berita

Tim 2Watt Raih Juara 1 Kategori Penghematan Energi LOMBA MEGATRON

Jumat (13/9) Tim 2 Watt dari Program Studi Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri ITB, yang terdiri dari : Nenden Ditta Suparman (13306064), Edwina Maryami Sumarjono (13306034) telah berhasil menjadi juara 1 kategori Penghematan Energi dalam LOMBA MEGATRON,   kompetisi business plan berbasis elektro, yang diselenggarakan oleh SBM dan Teknik Elektro di ruang auditorium SBM ITB. MEGATRON?Electropreneurship ITB : a ganesha electropreneurship competition merupakan kompetisi business plan berbasis elektro yang mengedepankan originality, usage, applicability, dan knowledge dalam penyusunan karya.?

Dua belas tim terbaik yang terbagi ke dalam tiga kategori berbeda menyampaikan presentasi untuk melengkapi proposal bisnis yang telah dikumpulkan sejak awal agustus lalu. Peserta adalah tim yang terdiri dari maksimal 3 orang mahasiswa S1 jurusan apa saja. Ada tiga kategori yang dipertandingkan, yaitu sistem keamanan gedung, sistem penghematan energi, dan sistem penunjang kegiatan akademik.

Sesi pertama dari acara ini diisi dengan presentasi dari tim yang bertanding di sistem penghematan energi. Lalu dilanjutkan dengan presentasi dari tim-tim yang bertanding di sistem keamanan gedung. Dan pada sesi terakhir, diisi dengan presentasi dari sistem penunjang akademis.

Di akhir acara ini, terpilihlah tiga tim yang telah melalui pemilihan secara ketat, mulai dari seleksi proposal dan presentasi, yaitu tim 2watt sebagai pemenang di kategori sistem penghemat energi, portable ebook reader sebagai pemenang di kategori sistem penunjang akademis, dan tim Constient sebagai pemenang di kategori sistem keamanan gedung

“Pada final yang diselenggarakan kemarin, 13 September 2008 kami?mempresentasikan produk penghematan energi yang kami namakan TobaRI (generaTOr BAhaRI), lampu portable yang menggunakan generator berbasis sistem penyerap energi gelombang air laut jenis osilasi magnet sebagai sumber energinya” ujar Nenden Ditta S dari tim 2Watt.

TobaRI (generaTOr BAhaRI) merupakan Ide yang tercetus dari Dr. Suprijanto dan Tanjung ST ini mencoba bekerja dalam tim untuk merencenakan lampu penganti petromax pada nelayan dengan memanfaatkan?efek osilasi permukaan laut karena fenomena Bouyane. Dan ide inipun makin?berkembang dengan informasi dari Dr.Ir. Suyatman, M.Eng dan Plan bisnis dari Dr. Estiyanti Ekawati.

Selain menpapat hadiah berupa uang tunai, setiap tim pemenang diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Jabar Ventura, sebuah lembaga bantuan pendanaan (funding) bagi start up company di daerah Jawa Barat.

.?
?

Share this