Posted September 27, 2011 by admin in Berita

Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia ITB 2010

Pada hari Sabtu tanggal 24 September 2011, Teknik Kimia ITB angkatan 2010 menyelenggarakan pengabdian masyarakat di SD Negeri Pelesiran dengan nama acara ‘TK ke SD ‘. Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan berupa community service yang mengankat tema mengenai lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu, acara ini memiliki slogan ‘Hijau, Bersih, dan Sehat’. Dalam acara ini, siswa-siswi SD Negeri Pelesiran diberikan penyuluhan mengenai pentingnya mengonsumsi susu untuk kesehatan, cara pemilahan sampah, cara mencuci tangan yang benar, dan cara menanam pohon. Selain itu, kontribusi lain yang diberikan Teknik Kimia angkatan 2010 pada acara ini adalah pembangunan tempat cuci tangan dan tempat wudhu, tempat sampah organik dan anorganik, tujuh puluh buah bibit tanaman, susu murni gratis untuk setiap siswa, dan souvenir berupa alat tulis sekolah.

Acara pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan eksternal (untuk siswa-siswi SDN Pelesiran) dan tujuan internal (untuk TK 2010). Tujuan eksternal acara ini yaitu menanamkan budaya bersih, hijau, dan sehat dengan cara memilah sampah dengan benar, mencuci tangan dengan benar, menanam dan merawat pohon dengan baik, serta minum susu secara rutin. Sedangkan tujuan internalnya adalah menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat yang sesuai dengan isi Tri Darma Perguruan Tinggi.

Teknik Kimia 2010 berharap dengan terselenggaranya acara ini, tujuan yang telah disusun dapat tercapai. Diharapkan siswa-siswi SD terlatih dan terbiasa untuk memilah sampah, mencuci tangan dengan benar sebelum makan ataupun jajan, bersemangat untuk menghijaukan lingkungan, serta selalu minum susu setiap hari. Melalui acara ini pun, Teknik Kimia 2010 berharap dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian masing-masing pribadi Teknik Kimia 2010 terhadap masyarakat dan bersemangat untuk terus berkontribusi.

Acara TK ke SD dimulai pukul 09.00 pagi dan diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat TK 2010, Ketua Himpunan HIMATEK 2011/2012, dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan SDN Pelesiran. Acara dilakukan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama dilakukan untuk kelas 1,2,3, dan 6 dipagi hari. Sedangkan gelombang kedua dilakukan untuk kelas 4 dan 5 disiang hari. Setiap mentor masuk ke kelas dan memberikan materi. Sebelum materi, TK 2010 menampilkan acara sulap untuk menarik perhatian adik-adik SDN. Materi yang diberikan yaitu mengenai pentingnya minum susu, cara mencuci tangan yang benar, pentingnya menghijaukan lingkungan, dan cara memilah sampah. Setiap materi selalu diselingi dengan hiburan seperti permainan-permainan sederhana agar adik-adik tidak jenuh. Untuk materi cuci tangan, menanam pohon, dan cara memilah sampah, adik-adik juga diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikannya bersama mentornya masing-masing.

Banyak sekali tantangan yang ditemukan saat acara berlangsung. Menghadapi anak kecil, tidaklah semudah menghadapi orang dewasa. Tak jarang sebagian dari adik-adik berkelahi dengan temannya, ribut, bahkan menagis saat materi berlangsung. Namun, semua tantangan dan kelelahan itu terbayar sudah ketika TK 2010 melihat tawa mereka ketika minum susu bersama, bercanda bersama, bahkan ada juga TK 2010 yang melakukan battle dance dengan adik-adik SDN Pelesiran. Keceriaan adik-adik SDN Pelesiran tanpa terasa telah menumbuhkan semangat TK 2010 untuk terus berjuang mengabdi pada masyarakat. Tak hanya adik-adik SDN Pelesiran yang menerima pelajaran , TK 2010 pun banyak menerima pembelajaran pada hari itu. Pengabdian masyarakat TK 2010 memang mengangkat tema yang cukup sederhana namun, TK 2010 sangat berharap dari hal yang sederhana itu dapat membawa perubahan besar dan berkelanjutan suatu saat nanti.

(div.publikasi PMTK10/dnta)

Share this