Posted October 3, 2011 by admin in Berita

Seminar Toyota “Peran Perusahaan dalam membangun dan memajukan bangsa”

Dalam rangka roadshow 40 Tahun kehadiran Toyota di Indonesia, PT. Toyota Astra Motor (TAM) bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung dan Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI) ITB menyelenggarakan sebuah seminar dengan tema umum “Peran Perusahaan dalam membangun dan memajukan bangsa baik dari segi ekonomi, pembangunan, teknologi dan SDM“.

Dilandasi dengan semangat untuk menyebarluaskan benih-benih kebaikan secara berkesinambungan (Endless Journey of Seeding The Goodness) maka dalam momentum kehadiran di Indonesia selama 4 dasawarsa, Toyota mengajak masyarakat Indonesia terutama kaum muda untuk bahu membahu membangun Indonesia. Toyota mengajak kaum muda untuk bersama-sama membangun industri otomotif yang pada gilirannya akan membangun Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Acara yang bertempat di Aula Timur ITB ini diselenggarakan pada hari Rabu (28/09/2011). Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Himpunan MTI ITB Suryo Sasono, yang kemudian dilanjutkan oleh Direktur Pendidikan ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.

Acara ini, merupakan momentum bagi Toyota untuk berbagi gagasan, ide maupun pengalaman pada masa lampu tentang bagaimana Toyota Way mampu menjawab tantangan selama 4 dekade dan membuat visi masa depan berdasarkan pada nilai-nilai kebaikan Toyota secara berkesinambungan.

Seminar diisi oleh Bapak Ahmad Rizal (Product Planning Senior Manager TAM) yang juga Alumni dari Teknik Mesin ITB ’90, Dr. Ir. Drajad Irianto (Dosen Teknik Industri ITB) dengan moderator yaitu Silih Agung Wasesa (praktisi Public Relations), seminar dihadiri bukan hanya oleh Mahasiswa ITB, tetapi juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari Universitas luar ITB seperti UNPAD, UNPAR, ITENAS dan UNISBA.

Materi yang di berikan dalam seminar ini berisi tentang bagaimana Toyota dapat bertahan dalam industry otomotif di Indonesia, pentingnya sebuah perusahaan memiliki manajemen dan sumber daya yang baik dalam mengembangkan perusahaan, pengaruh budaya perusahaan dalam system manajemen yang dimiliki untuk membangun komitmen terhadap produk dan layanan perusahaan, serta pentingnya Inovasi yang dilakukan dalam perkembangan perusahaan, terutama inovasi berkelanjutan dalam teknologi yang digunakan dalam produk, perusahaan otomotif pada khususnya.

Kemudian dilanjutkan dengan studi kasus mengenai produk Kijang, produk Toyota Kijang ini sejak awal peluncuran hingga sekarang mengalami berbagai transformasi dan inovasi perubahan dalam bidang teknologi dan desain, hal ini didasari dari analisa kebutuhan pasar, banyak ide-ide inovasi dalam teknologi dalam produk Toyota Kijang yang dilakukan berdasarkan hasil riset dari kebiasaan dan kebutuhan para penggunanya. Hal inilah yang menyebabkan Toyota terus melakukan inovasi berkelanjutan dalam setiap produknya.

Seminar ditutup dengan pemberian plakat dari pihak ITB yang diwakilkan oleh Kepala Program Studi Teknik Industri Dr. Tota Simatupang ke pihak Toyota yang diwakilkan oleh Ahmad Rizal, kemudian dilanjutkan oleh pemberian buku dari pihak Toyota ke pihak ITB yang diwakilkan oleh Dr. Tota Simatupang dan Dr. Ir. Drajad Irianto.

Share this