Posted October 5, 2011 by admin in Berita

Pembukaan Seminar Teknik Kimia “Soehadi Reksowardojo 2011″

Hari ini, Rabu, 5 Oktober 2011 sedang diadakan Seminar Internasional Teknik Kimia “Soehadi Reksowardojo 2011” yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ITB bekerjasama dengan APTEKINDO (Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia) dan BKKPII (Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia). Kegiatan ini merupakan seminar tahunan yang mempertemukan para peneliti, akademisi dan praktisi, dan juga sekaligus untuk memperingati 70 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia.

Seminar yang berlangsung dari tanggal 5 – 7 Oktober 2011 ini dibuka langsung oleh Rektor ITB, Prof.Dr. Akhmaloka, sekitar pukul 08.30. Setelah acara pembukaan oleh Rektor, dilanjutkan dengan presentasi oleh pembicara kunci (keynote speaker) yaitu Dr. Tatang Hernas dan selaku moderator adalah Dr. Tirto Prakoso.

Pendidikan Tinggi Teknik Kimia yang pertama di Indonesia didirikan di ITB pada tahun 1941. Pada awal pendiriannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan insinyur untuk dunia industri yang berbasis pertanian seperti gula dan karet. Saat ini terdapat sekitar 45 departemen teknik kimia dengan berbagai bidang keahlian/spesialisasi yang berdasar pada sumber daya lokal. Hampir semua departemen tersebut telah bergabung dalam APTEKINDO untuk meningkatkan program teknik kimia di Indonesia. Sedangkan para insinyur profesional bergabung dalam BKKPII.

Seminar tahunan ini dinamakan Seminar Soehadi Reksowardojo. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati kontribusi dan peran serta yang telah diberikan dalam mengembangkan pendidikan tinggi teknik kimia di Indonesia. Seminar Soehadi Reksowardojo mulai diselenggarakan sejak tahun 1991yang lalu.

Share this