Posted November 11, 2011 by admin in Berita

HIMATEK Berkarir

Bertempat di TVST A, 5 November 2011 HIMATEK menyelenggarakan acara HIMATEK Berkarir. Acara ini dikoordinasi oleh divisi Keprofesian. Inti dari kegiatan ini adalah berbagi pengalaman dari alumni HIMATEK angkatan 77 dalam dunia kerja. Acara ini ditujukan untuk mempersiapkan para anggota HIMATEK untuk menjadi pemimpin atau kaum intelektual yang bermartabat, bermoral, dan peduli terhadap kondisi bangsanya. Selain itu, melalui acara ini diharapkan dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama kuliah demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Acara HIMATEK berkarir ini bertujuan untuk memberikan pelatihan singkat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasuki dunia kerja, materi tentang entrepreneur, terutama dalam hal menyusun Curiculum Vitae (CV), mempersiapkan diri menghadapi sebuah interview dalam pekerjaan, dan juga menambah wawasan mengenai hal yang perlu dipersiapkan sebelum masuk ke dunia kerja.

Bentuk acara HIMATEK Berkarir adalah seminar sekitar 35 menit dan tanya jawab 25 menit. Acara seminar semula menghadirkan 5 pembicara yaitu Ir. Nanang Untung, Ir. Heru Supandriyo, Dr. Ir. Mochammad Ilham Pratopo, Ir. Moh As’ Ad, dan Ir. Amar Rasyad. Pada hari-H acara seminar menghadirkan 1 pembicara tambahan di awal seminar, yaitu Panggah Susanto. Panggah Susanto adalah direktur yang membidangi Industri Maritim dan Jasa keteknikan di Departemen Perindustrian dan juga seorang komisaris PT Dok & Perkapalan. Panggah Susanto menyampaikan kiat kesuksesan dengan mengembangkan karakter seperti komitmen atau konsistensi ketekunan, dan tentunya semuanya harus dilakukan dengan penuh kesabaran.

Setelah itu, seminar sesi kedua dilanjutkan dengan materi mengenai sebuah perjalanan hidup dari Ir. Nanang Untung (seorang Senior Vice President Gas dari PT Pertamina) yang mengungkapkan bagaimana bangsa Indonesia kekurangan sense of crisis sehingga performance saat bekerja sangat standar. Sesi kedua disampaikan oleh Ir. Heru Supandriyo (GM/Manajer Kilang Pertamina Unit Pengolahan II Dumai) yang membahas tentang kilang dan bagaimana meniti karir, yaitu harus punya passion, harus berpikir kreatif dan inovatif, harus focus, dan jangan menghindari masalah.

Sesi ketiga disampaikan oleh Dr. Ir. Mochammad Ilham Pratopo (seorang direktur utama PT Tracon Industri dari tahun 2009 yang melanjutkan studi lanjut mengenai nuklir yang kemudian meniti karis di rekayasa industri) yang menyampaikan mengenai bagaimana proses untuk berprestasi di perusahaan perekayasaan dari awal lulus kuliah.

Sesi keempat disampaikan oleh Ir. Moh As’ Ad (direktur dan pendiri perusahaan Dril Chem di Australia yang sempat juga bekerja sebagai manager di beberapa perusahaan lain) yang menyampaikan materi tentang seorang entrepreneur untuk sukses tidak perlu modal, melainkan otak kreatif dan juga nyali. Sesi terakhir disampaikan oleh Ir. Amar Rasyad (pendiri dan pembentuk PT. Puspita Wira Raharja, PT. Ganesha Entrepreneur, PT. Green Fuel Indonesia, dan PT. Distribusi Ammo Nusantara yang sebelumnya menjadi pekerja di beberapa peruahaan dan tidak merasa cocok) yang menyampaikan materi CV dan Interview. CV & interview ini erat kaitannya dengan “menjual diri”

Dari keseluruhan acara, acara berhasil dengan terlihatnya antusias para peserta yang begitu semangat melontarkan pertanyaan dalam sesi tanya jawab, meskipun kursi dalam TVST A tidak dipenuhi dengan peserta HIMATEK Berkarir ini. Di tengah acara mahasiswa juga diperlihatkan video pergerakan mahasiswa yang menambah semangat mahasiswa untuk terus berjuang dalam kuliah dan juga karir selesai perkuliahan. Semangat ini harus dibentuk dari sejak dini agar nantinya mahasiswa ini dapat memperbaiki perekonomian bangsa Indonesia.

Share this