Posted December 19, 2011 by admin in Berita

Workshop tentang Keselamatan Berkerja di Laboratorium

Dalam rangka menyamakan persepsi tentang keselamatan bekerja di laboratorium, khususnya laboratorium-laboratorium yang ada di Program Studi Teknik Kimia – FTI ITB, Tim ABET Program Studi Teknik Kimia telah mengadakan Workshop tentang Keselamatan Bekerja di Laboratorium.

Workshop yang berlangsung di ruang R-239 lantai 2 Gedung Labtek X ini bekerjasama dengan alumni-alumni Teknik Kima yang berkompetensi pada bidang safety. Alumni-alumni yang menjadi nara sumber pada acara tersebut diantaranya Ir. Sutadi Sosroatmodjo, Faris Syauki, M.Sc., Ir. Yong Ardinal.

Acara yang berlangsung dari hari Jumat (16/12/2011) sampai dengan Sabtu (17/12/2011) diikuti oleh para dosen, teknisi laboratorium dan mahasiswa-mahasiwa yang ada pada Program Studi Teknik Kimia ITB.

Berdasarkan tema dari workshop di atas sudah sangat jelas bahwa setiap laboratorium harus dirancang untuk memenuhi standar masalah keselamatan dan kesehatan baik sebagai bentuk manajemen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi karyawannya. Dengan terciptanya kepatuhan peraturan di tempat kerja akan di harapkan memberi manfaat bagi kita semua seperti:

  1. Untuk mencegah kecelakaan fatal
  2. Minimalkan resiko pekerja menderita cedera akibat penggunaan alat yang salah
  3. Perlindungan pekerja terhadap berbagai bentuk masalah kesehatan seperti infeksi dan toksisitas dari zat berbahaya
  4. Bagaimana upaya pencegahan manajemen untuk melindungi aset-aset yang dimiliki
  5. Agar para pekerja untuk bekerja lebih produktif, efisien dan menjaga kesehatan dan keselamatan
  6. Sebagai upaya untuk meminimalkan potensi risiko yang timbul diantara petugas laboratorium, mahasiswa dan lingkungan kerja

Seperti dijelaskan di atas, para bekerja di laboratorium akan selalu terancam sejumlah resiko dan potensi kecelakaan akibat karna adanya interaksi antarapekerja, peralatan, bahan dan dan situasi lingkungan kerja yang ada di dalamnya. Oleh karena itu,Kita perlu pemahaman dan kesadaran perusahaan dan para tenaga kerja untuk mengantisipasi dan mengelola potensi risiko di laboratorium sesuai dengan standar yang ditetapkan dan ketentuan.

Share this