FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Seminar IECOM 2012

Seminar IECOM 2012 yang diadakan pada hari Minggu (15/01) di Aula Barat ini termasuk dalam serangkaian acara Industrial Engineering Competition (IECOM) 2012 yang diadakan oleh Mahasiswa Teknik Industri (MTI) FTI ITB. Seminar ini mengambil tema “Strengthening the Industrial Sector based on Lean Thinking as a Platform fot Technological Integration and Innovation”. Rektor ITB, Prof.Dr. Akhmaloka, dalam pidato pembukanya mengungkapkan bahwa ITB senang dengan kegiatan kompetisi yang seperti ini dan sangat mendukung sepenuhnya. Beliau juga berharap semoga dalam kesempatan ini mahasiswa dan elemen terkait perindustrian dapat berdiskusi bersama untuk membangun industri di Indonesia.

Pembicara seminar yang pertama adalah Bayu Krisna Mukti yang merupakan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia. Beliau menyampaikan tentang integrasi dan inovasi untuk meningkatkan persaingan industri di Negara ASEAN-China. Menurutnya, integrasi antara kuliner, tempat wisata, keindahan alam yang dimiliki negara ASEAN jika dikombinasikan akan menjadi sebuah daya tarik yang besar. Terlebih lagi dengan adanya lahan subur yang luas, suplai air yang tinggi, pelabuhan terbesar, agrikultur yang beraneka ragam, labor skill yang terbaik tidak akan dipungkiri akan menjadikan ASEAN sebagai Global Core. Hal ini tentunya bergantung kepada individu masing-masing, “You have to have self confidence that you will be determine the global economic” katanya.

Selanjutnya penjelasan mengenai “Konsep Lean Thinking dan Aplikasinya” dibawakan oleh Dr. T.M.A Ari Samadhi yang juga merupakan Ketua Program Studi Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri. Beliau menjelaskan sejarah adanya konsep lean thinking, lean thinking step, house of lean manufacturing, dan penjabaran lainnya mengenai value dan waste yang erat kaitannya dengan lean. Berikutnya disambung dengan penjabaran Ir. I Made Dana Tangkas, MT selaku Vice President of PT Toyota Astra Motor Asia Pacific mengenai implementasi konsep lean dalam perusahaan Toyota. Menurutnya dalam mengelola sebuah perusahaan organisasi harus memegang teguh value dalam system yang kuat dan leadership yang tepat. Hal ini terkait dengan pelaksanaan lean enterprise mengintegrasikan 500 suppliers di satu produk Toyota.

Implementasi konsep lean juga bisa diterapkan di airport, seperti yang diutarakan oleh Subagyo dari PT Angkasa Pura II. Beliau menjabarkan Grand Design Soekarno Hatta International Airport 2014 yang ditargetkan menjadi sebuah bandara world class. Implementasi lean ini akan digunakan terutama pada terminal I yang juga merupakan objek kompetisi IECOM. Pembicara terakhir adalah Ir. Achdiat Atmawinata sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Struktur Industri. Beliau menjabarkan mengenai bagaimana lean concept dalam membangun kompetisi industri nasional. Menurutnya lean dalam pemerintahan perlu dilakukan 2 arah yaitu ke dalam untuk memperbaiki government service, dan keluar untuk mengurangi cost.

Acara yang dibawakan oleh Irsan Aditama ini banyak dihadiri oleh mahasiswa berbagai jurusan dan universitas. Terlebih lagi peserta kompetisi IECOM dari Thailand dan Filipina pun turut serta mengikuti kegiatan seminar ini sehingga terkadang pembicara membawakan materi dengan 2 bahasa, Inggris dan Indonesia.

Share this

Berita Terkait