Posted January 26, 2012 by admin in Berita

Pengelolaan Air Bersih dari ITB Juara pada MYT 2011

Tim Dralve ITB yang diketuai oleh Alven Haeckal (Teknik Fisika 2007) telah berhasil mendapatkan juara pertama dalam Program Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2011 pada kategori Pengelolaan Air Bersih. Acara yang disponsori oleh Bank Mandiri tersebut dilakukan selama 3 bulan di 10 kota besar di Indonesia, seperti Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Denpasar dan Jayapura, dilansir dari Kompas. Adapun penjurian tingkat nasional dilaksanakan pada 16-17 Januari 2012 di Jakarta, dengan juri dari beragam profesi, seperti jurnalis, pengusaha, akademisi, dan pemerintah.

Selain Tim Dralve, ada juga Tim dari ITB yang beranggotakan Nurana Indah Paramita (Oseanografi 2004) dan Titus Deus Prizfelix (Teknik Pertambangan 2002), berhasil mendapatkan juara pertama pada kategori teknologi energy terbarukan.

Adapun tujuan dari diadakannya program Wirausaha Muda Mandiri adalah mengubah pola pikir mahasiswa maupun kaum muda lainnya agar mau berwirausaha, sehingga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan kerja. Dengan peningkatan angka kewirausahaan, maka kesejahteraan bagi lingkungan sekitar pun akan ikut meningkat. Dengan kesejahteraan meningkat, maka roda perekonomian Indonesia juga akan ikut terdorong, karena kegiatan wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru dan menurunkan angka pengangguran.

Program wirausaha ini layak dijadikan program unggulan karena mampu mengubah cara pandang mahasiswa tentang wirausaha. Program tersebut juga menjadikan sektor UMKM sebagai sektor idaman untuk berkarya, meningkatkan kualitas dan jumlah pengusaha kecil.

Share this