Posted February 2, 2012 by admin in Berita

Kuliah Kerja Teknik Kimia Angkatan 2009

Kuliah kerja Teknik Kimia atau yang sering disingkat dengan kulker adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi Teknik Kimia yang diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswi Teknik Kimia tingkat 3 dengan melakukan kunjungan ke industri atau pabrik-pabrik yang telah ditentukan yang berkaitan dengan keilmuan Teknik Kimia dan biasanya diselenggarakan pada liburan akhir semester 5. Tujuan dari kulker ini adalah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa/i Teknik Kimia untuk melihat secara nyata bagaimana proses-proses dan peralatan di suatu pabrik yang telah sebagian dipelajari di dalam perkuliahan

Untuk kuliah kerja Teknik Kimia angkatan 2009 kali ini diselenggarakan dari tanggal 16-21 Januari 2012 dan diketuai oleh Enrico Gianino (13009017). Dalam perjalanan kulker, Teknik Kimia 2009 didampingi oleh para dosen, yaitu Prof. Herri Susanto, Dr. Mubiar Purwasasmita, Dr. Lienda Aliwarga, Dr. Hary Devianto, dan Dr Ardiyan Harimawan.

Kuliah Kerja Teknik Kimia Angkatan 2009 mengambil pilihan industri/pabrik-pabrik di kota-kota yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Cilacap, Klaten, Mojokerto, Gresik, dan Surabaya. Alasan pemilihan tempat ini adalah karena tersedianya pabrik-pabrik yang bergerak dibidang yang sesuai dengan subjurusan-subjurusan yang ada di Teknik Kimia ITB. Di Teknik Kimia ITB terdapat tiga subjurusan yaitu Teknologi Kimia, Teknologi Pangan dan Teknologi Bioproses. Pabrik yang dikunjungi dalam Kuliah Kerja harus mencakup tiga subjurusan itu. Berikut pabrik-pabrik yang dikunjungi dalam Kuliah Kerja Teknik Kimia 2009 adalah :

  1. PT. Pertamina Refinery Unit IV Cilacap (16 Januari 2012), Di pabrik ini terdapat kilang minyak dan kilang petrokimia yang memproses minyak bumi menjadi berbagai produk yaitu produk BBM (premium, kerosin, solar, avtur, dll), Non BBM (LPG, asphalt, parafin, Nafta, dll), dan Produk Petrokimia (Paraxylene, benzena, sulfur, dan heavy aromate). Kunjungan ke PT. Pertamina ditujukan khususnya kepada mahasiswa/i Teknik Kimia subjurusan Teknologi Kimia.
  2. PT. Petrokimia Gresik (18 Januari 2012), Pabrik ini merupakan pabrik pupuk yang terlengkap dan terbesar di Asia. Di sini diproduksi berbagai macam pupuk seperti pupuk urea, pupuk fosfat, pupuk ZA, Pupuk NPK, Pupuk ZK, Pupuk Petroganik serta produk non pupuk seperti amoniak, asam sulfat 98%, asam fosfat 100%, alumunium florida, cement retarder, asam klorida, karbondioksida kering dan cair, oksigen, nitrogen, hidrogen, dan gipsum. Kunjungan ke PT. Petrokimia Gresik ditujukan khususnya kepada mahasiswa/i Teknik Kimia subjurusan Teknologi Kimia.
  3. PT. Unilever, Tbk (18 Januari 2012), PT. Unilever, Tbk merupakan perusahaan terkemuka dalam bidang home and personal care. Salah satu pabriknya terletak di kawasan industri Rungkut kota Surabaya. Di kawasan Rungkut ini Unilever terdiri dari seksi personal care dan personal waste. Seksi personal care membuat dan mengemas pasta gigi Pepsodent dan Close Up. Sedangkan seksi personal waste membuat dan mengemas sabun batang dengan pelbagai merk seperti Lux, Lifebouy, dan Dove. Pabrik Unilever Surabaya ini merupakan pabrik yang mengekspor barang-barangnya ke berbagai negara seperti ekspor pasta gigi ke Filipina dan sabun batangan ke negara-negara asia timur.
  4. PT. Ajinomoto (18 Januari 2012), Pabrik Ajinomoto ini terletak di kota Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik ini bergerak di bidang makanan yaitu bumbu masakan seperti (Ajinomoto dari tetes tebu yang difermentasi, Masako dari daging ayam dan sapi, Sajiku sebagai tepung bumbu, Saori untuk saus) dan beberapa minuman (Calpico dari susu fermentasi dan Birdy minuman kopi kaleng). Kunjungan ke PT. Ajinomoto ini khususnya ditujukan kepada mahasiswa/i subjurusan Teknologi Pangan dan Teknologi Bioproses.
  5. PT. Sari Husada (20 Januari 2012), Pabrik milik PT. Sari Husada ini terletak di DI Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. PT. Sari Husada ini merupakan pabrik susu untuk bayi, balita, dan ibu hamil/menyusui terbesar di Indonesia. Produknya sangat banyak seperti SGM Ananda untuk bayi usia 0-6 bulan dan 6-18 bulan, SGM Eksplor 1-4 untuk balita, Vitalac, Lactamil, SGM Soya 1-3 (susu kedelai), SGM Bunda Presinutri, dan Gizi Kita (untuk ibu hamil). Kunjungan ke PT. Sari Husada ini khususnya ditujukan kepada mahasiswa/i subjurusan Teknologi Pangan dan Teknologi Bioproses.

Selain kunjungan pabrik, ada juga acara keakraban dalam Kuliah Kerja Teknik Kimia Angkatan 2009. Acara keakraban diadakan pada tanggal 18 dan 19 Januari 2012 yaitu mengunjungi salah satu obyek wisata yang ada di Jawa Timur yaitu Jatim Park dan BNS (Batu Night Spectacular) Malang, Jawa Timur. Acara ini diisi dengan makan dan bercengkrama bersama dan menikmati bersama wahana-wahana yang ada di Jatim Park dan BNS. Hal yang paling berkesan selama Kuliah Kerja Teknik Kimia Angkatan 2009 adalah perjalanan di dalam bus yang sangat lama dari Bandung menuju Jawa Timur dan sebaliknya yang ditotal bisa mencapai sekitar 48 jam, walaupun sangat lama tetapi pada saat perjalanan inilah kesempatan bagi Teknik Kimia angkatan 2009 untuk menambah keakraban dan bercengkrama bersama.

Share this