FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Kuliah Kerja Teknik Fisika ITB: Mengenal Lebih Jauh Dunia Kerja di Industri Nasional

BANDUNG, itb.ac.id – Memanfaatkan waktu liburan semester ganjil dengan kegiatan bermanfaat dilakukan oleh mahasiswa Teknik Fisika (TF) angkatan 2009 untuk kuliah kerja (kulker). Kuliah kerja ini dilaksanakan pada Selasa dan Rabu (17-18/01/12) dengan mengunjungi berbagai macam industri di Jawa Timur. Adapun beberapa industri itu adalah PT.PAL Indonesia, PT.Bharata, Alstom Power Energy System Indonesia, Pertamina, Smelting, Petrokimia Gresik.

Bermodalkan keingintahuan yang tinggi akan berbagai industri yang berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari selama ini, membuat peserta kulker bersemangat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan saat kunjungan. Rombongan dibagi ke dalam dua grup besar yang masing-masing mengunjungi industri yang berbeda. Hal ini dikarenakan agar secara keseluruhan dapat mengunjungi berbagai industri lalu membagikan informasi tersebut.

Pada kunjungan di Alstom Power ESI, perusahaan yang terletak di kota Surabaya ini menawarkan pembuatan boiler dengan menjelaskan terlebih dahulu kemudian menengok pembuatannya di pabrik langsung. Dari mulai pemotongan, welding, hingga pemasangan komponen. Hal lain yang harus diperhatikan dalam kunjungan industri ini adalah safety, dengan menggunakan kacamata pelindung dan helm pengaman.

Lain lagi dengan kunjungan ke Pertamina, dalam kunjungan tersebut diperlihatkan bagaimana kontrol otomasi dalam Pertamina. Salah satu contohnya adalah pengemasan oli yang berbeda jenis dengan menggunakan mesin-mesin yang canggih.

Selain kunjungan industri, peserta kulker juga melihat kokohnya jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. Dari sisi energi, Edi Leksono sebagai dosen TF menjelaskan bagaimana energi yang ada dan dipakai dalam jembatan Suramadu ini.

Sumber: http://www.itb.ac.id/news/3482.xhtml

Share this

Berita Terkait