Posted March 28, 2012 by admin in Berita

Kunjungan Industri Pabrik Yakult

Keberangkatan
Acara kunjungan industri kali ini diselenggarakan awal bulan Februari 2012 oleh Divisi Keprofesian HIMATEK ITB dan diikuti oleh sekitar 30 orang. Sebelum berangkat kami semua berkumpul terlebih dahulu di depan GSG untuk mengadakan briefing sebentar dan menunggu kelengkapan yang akan dibawa seperti makanan dan sebagainya.

Perjalanan
Perjalanan dari Bandung sampai Sukabumi seharusnya memakan waktu sekitar 3 jam. Namun, karena jalanan yang sangat ramai dan macet akhirnya setelah 5 jam kami baru sampai di pabrik Yakult yang terletak di Cicurug, Sukabumi. Pabrik tersebut terletak di kawasan industri Indolakto, dimana di dalamnya juga terdapat pabrik Indomilk dan beberapa pabrik lainnya. Pabrik Yakult sendiri dibandingkan dengan pabrik lainnya di kawasan tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun terlihat asri dan modern.

Penyambutan
Setelah perjalanan yang cukup melelahkan kami diterima oleh staf dari pabrik dan kemudian diantarkan menuju aula pertemuan. Di sana kami diterangkan secara singkat mengenai apa itu dan sejarah dari Yakult serta proses pembuatan dan manfaatnya. Tak lama kemudian kami pun diantar menuju tempat pembuatan Yakult untuk melihat secara langsung proses yang digunakan.

Tur ke Ruang Produksi Yakult
Tur ini dimulai dari ruang fermentasi, dimana susu segar dimasukkan ke dalam tangki besar beserta bakteri / kultur Lactobacillus casei shirota strain untuk dibiakkan selama kurang lebih satu minggu sehingga berubah menjadi Yakult concentrated (Yacon). Kemudian Yacon dialirkan ke ruang penyimpanan untuk disimpan selama satu minggu di dalam tangki-tangki khusus. Setelah lewat satu minggu, Yacon dialirkan ke mixer untuk dicampur dengan sukrosa agar campuran homogen. Lalu campuran dialirkan ke ruang selanjutnya untuk dimasukkan ke dalam botol-botol. Botol Yakult dibuat dari biji plastik pilihan yang langsung didatangkan dari Jepang. Yakult yang telah dikemas ini kemudian dibawa ke ruang pengepakan untuk dipak secara otomatis dan dikelompokkan sesuai lokasi distribusinya.
Penutupan dan Sesi Tanya Jawab

Setelah tur ke ruang produksi,kami diantarkan kembali menuju aula pertemuan. Di sana kami diberi kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait produksi Yakult yang dijawab langsung oleh kepala bagian produksi Yakult.

Kunjungan diakhiri dengan tur ke tempat pengolahan limbah Yakult yang ternyata menggunakan botol-botol Yakult sebagai filter. Rombongan akhirnya meninggalkan pabrik Yakult pada sekitar pukul lima sore untuk kembali ke Bandung.

Share this