Posted April 12, 2012 by admin in Berita

Teknik Fisika ITB Kembali Selenggarakan Lomba Pemrograman Ladder PLC

BANDUNG, itb.ac.id – Program Studi Teknik Fisika ITB kembali menyelenggarakan lomba pemrograman ladder Programmable Logic Controller (PLC). Lomba yang telah diagendakan secara rutin tersebut diselenggarakan pada hari Selasa hingga Rabu (10-12/04/12) di Aula Timur ITB.

Dengan mengusung tema “Pemantapan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Bidang PLC”, lomba tersebut berhasil menarik antusias para mahasiswa. Hal itu dapat terlihat dengan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 198 tim dari 54 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. ITB sendiri mengirimkan sebanyak 18 tim dalam ajang kali ini.

“Di babak peserta akan dibagi menjadi 22 grup, dan dari tiap grup akan diambil 2 tim terbaik untuk maju ke babak final,” ujar Ir. Endra Joelianto, Ph.D selaku ketua acara kali ini. “Dan di babak final akan dipilih 10 tim terbaik untuk menjadi pemenang,” ujarnya kemudian. Tim juri dari lomba kali ini berasal dari perwakilan vendor, akademisi, serta praktisi industri.

Menurut Endra, dengan mengikuti lomba ini peserta akan mendapatkan berbagai pengalaman berharga. Selain memiliki pengalaman bertanding pada kompetisi tingkat nasional, para peserta juga dapat berbagi pengalaman dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Teknik Fisika ITB, Dr. Ir. Nugroho Soelami, mengatakan bahwa lomba PLC ini merupakan salah satu wujud kontribusi Program Studi Teknik Fisika untuk meningkatkan ketrampilan sarjana teknik Indonesia di bidang otomasi industri. Melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan daya saing mahasiswa Indonesia dalam bidang pemrogaman PLC.

“Acara ini juga menjadi ajang berkumpul dan diskusi pihak-pihak yang memiliki perhatian pada PLC untuk kemajuan teknologi otomasi industri dengan PLC di Indonesia,” tambah Nugroho.

Adakan Workshop Nasional dan Pameran PLC

Selain lomba pemrograman PLC, terdapat pula agenda lain, yaitu workshop nasional dan pameran PLC pada hari Selasa (10/04/12). Workshop kali ini terbuka untuk umum dan mengusung tema “Totally Integrated Automation”. Diharapkan kedua acara tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dengan perkembangan teknologi terkini pada bidang ini.

“Workshop dan pameran ini sudah bagus, materi yang disampaikan sangat menarik dan bermanfaat,” ujar Muhammad Hariomurti salah satu peserta dari Universitas Al-Azhar Indonesia. “Saya berharap ajang kali ini tidak hanya sebagai ajang lomba, namun juga menjadi ajang berbagi ilmu,” – edo

Sumber: http://www.itb.ac.id/news/3574.xhtml

Share this